Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share dan Number Head Together terhadap Kerjasama dan Keaktifan Siswa Kelas IV SD.

Nurazizah, Khikmah Fitriani (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share dan Number Head Together terhadap Kerjasama dan Keaktifan Siswa Kelas IV SD. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-khikmah-fitriani-nurazizah-16712251073.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: (1) pengaruh model TPS terhadap kerjasama siswa, (2) pengaruh model TPS terhadap keaktifan siswa, (3) pengaruh model TPS terhadap kerjasama dan keaktifan siswa, (4) pengaruh model NHT terhadap kerjasama siswa, (5) pengaruh model NHT terhadap keaktifan siswa, (6) pengaruh model pembelajaran NHT terhadap kerjasama dan keaktifan siswa, (7) perbedaan pengaruh model TPS dan NHT terhadap kerjasama dan keaktifan siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Sampel penelitian yang digunakan diambil tiga kelas yaitu kelas IV SD Negeri Ngasinan sebagai kelas eksperimen I, kelas IV SD Negeri Limbangan sebagai kelas eksperimen II, dan kelas IV SD Sidomukti sebagai kelas kontrol. Analisis data menggunakan independent sampel t-test, manova dan uji lanjut posthoc. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan model TPS terhadap kerjasama siswa dengan nilai thitung 4,014 dan p 0,000 < 0,05; (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan model TPS terhadap keaktifan siswa dengan nilai thitung 3,387 dan p 0,000< 0,05; (3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan model TPS terhadap kerjasama dan keaktifan siswa pada variabel kerjasama diperoleh nilai Fhitung 11,471 dan p = 0,001 < 0,05; dan pada variabel keaktifan diperoleh nilai Fhitung 16,110 dan p = 0,000 < 0,05; (4) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan model pembelajaran NHT terhadap kerjasama siswa dengan nilai thitung 5,942 dan p 0,000 < 0,05; (5) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan model NHT terhadap keaktifan siswa dengan nilai thitung 0,0086 dan p 0,000 < 0,05; (6) terdapat pengaruh yang posiif dan signifikan model NHT terhadap kerjasama dan keaktifan siswa pada variabel kerjasama diperoleh nilai Fhitung 25,864 dan p = 0,000 < 0,05 dan pada variabel keaktifan siswa diperoleh nilai Fhitung 35,307 dan p = 0,000 < 0,05; (7) terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan model TPS dan NHT terhadap kerjasama dan keaktifan siswa. Model TPS dibandingkan NHT lebih berpengaruh positif dan signifikan terhadap kerjasama dan keaktifan siswa

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: TPS, NHT, kerjasama, dan keaktifan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Jan 2019 04:18
Last Modified: 09 May 2019 09:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62375

Actions (login required)

View Item View Item