Peningkatan Konsentrasi Belajar, Keterampilan Membaca dan Menulis Melalui Media Pembelajaran Komik Pada Siswa Kelas II Ibnu Nafis SD Muhammadiyah Sagan Yogyakarta.

Sugianto, Anjar (2018) Peningkatan Konsentrasi Belajar, Keterampilan Membaca dan Menulis Melalui Media Pembelajaran Komik Pada Siswa Kelas II Ibnu Nafis SD Muhammadiyah Sagan Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-anjar-sugianto-15712259014.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan konsentrasi belajar, keterampilan membaca dan menulis melalui media pembelajaran komik pada siswa kelas II Ibnu Nafis SD Muhammadiyah Sagan Yogyakarta. Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan mengambil subjek siswa kelas II Ibnu Nafis SD Muhammadiyah Sagan Yogyakarta. Penelitian ini dilaksanakan mulai bulan Mei 2017 - Juli 2017. Prosedur pelaksanaan penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, terdiri dari : 1) perencanaan, 2) tindakan, 3) pengamatan, dan 4) refleksi. Teknik pengumpulan data berupa observasi/ pengamatan, angket, wawancara, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi kegiatan pembelajaran berupa foto. Kriteria keberhasilan tindakan berupa peningkatan proses dan produk. Keberhasilan proses dilihat dari peningkatan konsentrasi dan sikap siswa dalam mengikuti pembelajaran. Keberhasilan produk dilihat dari hasil skor keterampilan membaca, dan menulis siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran komik mampu meningkatkan konsentrasi belajar, keterampilan membaca, dan menulis siswa. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan dalam merespon guru saat melakukan tanya jawab tentang isi cerita sebesar 77% dan peningkatan dalam menyimpulkan isi cerita yang dibaca sebesar 85% saat pembelajaran membaca nyaring. Peningkatan dalam merespon guru saat melakukan tanya jawab tentang kaidah penulisan kalimat sederhana sebesar 71% dan peningkatan dalam menyimpulkan kaidah penulisan kalimat sederhana sebesar 80%. Hal ini menunjukkan kemampuan membaca nyaring dan menulis permulaan meningkat. Peningkatan keterampilan membaca nyaring pada siklus I sebesar 7,00, kondisi awal 61,08 meningkat menjadi 68,08. Peningkatan keterampilan menulis permulaan pada siklus I sebesar 11,01, kondisi awal 59,9 meningkat menjadi 71,00. Pada siklus II, keterampilan membaca nyaring meningkat sebesar 10,09, kondisi awal 68,08 meningkat menjadi 79,07. Keterampilan menulis permulaan meningkat sebesar 10,00, kondisi awal 71,00 meningkat menjadi 81,00.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: konsentrasi belajar, keterampilan membaca dan menulis, dan media pembelajaran komik.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 07 Jan 2019 03:53
Last Modified: 09 May 2019 09:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62361

Actions (login required)

View Item View Item