PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBUAT SANDAL JEPIT UNTUK ANAK AUTIS KELAS III SMALB BINA ANGGITA, YOGYAKARTA

Uci, Devi Handayani (2017) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBUAT SANDAL JEPIT UNTUK ANAK AUTIS KELAS III SMALB BINA ANGGITA, YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Uci Devi Handayani_12103244036.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran keterampilan membuat sandal jepit untuk anak autis kelas III SMALB Bina Anggita, Yogyakarta. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian adalah 2 anak autis kelas III SMALB Bina Anggita, Yogyakarta. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di SLB Bina Anggita Yogyakarta pada bulan November sampai desember 2016. Analisis data pada penelitian ini menggunakan langkah penyajian data, reduksi data, display data dan verifikasi. Uji keabsahan data menggunakan trianggulasi. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) Perencanaan pembelajaran keterampilan membuat sandal jepit belum dibuat RPP. Tujuan dari pembelajaran keterampilan membuat sandal jepit adalah untuk bekal diri dimasa mendatang serta melatih diri anak untuk mengasah kemampuan yang dimiliki dan memberikan dampak positif bagi perkembangan dalam bidang motorik dan konsentrasi, akan tetapi tujuan pembelajaran keterampilan membuat sandal jepit belum dibuat secara tertulis. (2) Pelaksanaan pembelajaran keterampilan membuat sandal jepit sama seperti tahapan pembelajaran lainnya, dimulai dari kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan akhir. Pelaksanaan pembelajaran dimulai pada pukul 08.00-09.30 WIB dan pembelajaran dilakukan secara klasikal. (3) Evaluasi pembelajaran keterampilan membuat sandal jepit belum ada format penilaian untuk mengukur hasil dari pembelajaran secara tertulis. Evaluasi yang dilakukan berupa evaluasi sumatif yaitu evaluasi untuk menentukan dan melihat angka kemajuan hasil belajar anak dalam suatu program yang direncanakan, dan dilakukan pada akhir semester yang dimasukan dalam nilai rapot berupa angka dan catatan deskriptif. (4) Kondisi sarana prasarana yang tersedia dalam pelaksanaan pembelajaran keterampilan membuat sandal jepit cukup baik dan sudah sesuai dengan kebutuhan anak autis, alat-alat sebagai berikut: cetakan yang terbuat dari besi dan kayu, papan bantalan, lem, spon, dan lain sebagainya.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 03 Jan 2019 04:32
Last Modified: 30 Jan 2019 17:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/62345

Actions (login required)

View Item View Item