Penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom Menggunakan Moodle Untuk Meningkatkan Higher Order Thinking Skills Siswa.

Mas'ud, Huzaima (2018) Penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom Menggunakan Moodle Untuk Meningkatkan Higher Order Thinking Skills Siswa. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-huzaima-mas'ud-16720251010.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar berbasis higher order thinking skills siswa menggunakan model pembelajaran flipped classroom dengan media moodle pada mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital dibandingkan dengan hasil belajar menggunakan model pembelajaran konvensional/ceramah dengan media buku cetak. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dalam bentuk pre- test dan post-test group. Populasi peneletian adalah semua siswa kelas X TKJ SMK Negeri 3 Kab.Pinrang dengan jumlah 62 orang. Sampel dipilih dengan Teknik intact group berdasarkan kelas yang ada. Data diperoleh dengan: (1) Tes, untuk mengukur hasil belajar siswa berbasis higher order thinking skills, (2) Non tes, berupa angket (kuisioner) degan sklas Likert dan (3) dokumentasi. Pengukuran berdasarkan pada skor hasil belajar yang diperoleh siswa, pengisisan angket tentang tanggapan mengenai model pembelajaran flipped classroom. Data dianalisis menggunakan teknik: (1) ststistik deskriptif dan (2) statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, H1 terdapat perbedaan hasil belajar berbasis higher order thinking skills siswa menggunakan model pembelajaran flipped classroom menggunakan moodle pada mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital dibandingkan dengan hasil belajar menggunakan model pembelajaran konvensional/ceramah dengan media buku cetak, yakni mean kelompok kelas eksperimen 30.41 sedangkan kelompok kelas kontrol 27.70 dari nilai tertinggi 35 pada kelas ekperimen dan 33 pada kelas kontrol dan dibuktikan dengan hasil uji hipotesis dengan nilai probabilitas 0.032 < 0.05 H1 diterima.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: flipped classroom, moodle dan higher order thinking skill
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Informatika
Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Teknik Elektronika dan Informatika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 13 Dec 2018 03:23
Last Modified: 09 May 2019 09:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61938

Actions (login required)

View Item View Item