Isna, Fauzia Chairunnisa (2018) EFEKTIVITAS METODE BERNYANYI TERHADAP KEMAMPUAN BERWUDHU ANAK TUNANETRA KELAS 2 SLB A YAKETUNIS YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
Text
Isna Fauzia Chairunnisa_14103241008.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meguji efektivitas metode bernyanyi terhadap kemampuan berwudhu anak tunanetra kelas 2 SLB A Yaketunis Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Metode eksperimen yang digunakan adalah Single Subject Research (SSR) dengan desain yang digunakan yaitu A-B-A. Fase baseline-1 (A1) dilaksanakan sebanyak tiga kali pertemuan, fase intervensi (B) sebanyak lima kali pertemuan, dan fase baseline-2 (A2) sebanyak tiga kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah seorang anak tunanetra buta total kelas 2 SLB A Yaketunis Yogyakarta. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes kemampuan berwudhu. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode bernyanyi efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan berwudhu anak tunanetra kelas 2 SLB A Yaketunis Yogyakarta. Hal ini terbukti dari adanya peningkatan perolehan mean level pada fase baseline-1 (A1) sebesar 25, fase intervensi (B) sebesar 68,4 dan fase baseline-2 (A2) sebesar 87,9. Berdasarkan data tersebut terjadi peningkatan 62,9 pada kemampuan berwudhu antara sebelum dan sesudah diberikan intervensi menggunakan metode bernyanyi. Presentase data tumpang tindih (overlap) antar kondisi 0% yang berarti bahwa tidak ada data yang tumpang tindih (overlap). Dengan demikian, metode bernyanyi efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan berwudhu anak tunanetra. Kata kunci : Metode bernyanyi, kemampuan berwudhu, anak tunanetra.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | Admin Pendidikan Luar Biasa FIP |
Date Deposited: | 12 Dec 2018 09:47 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 17:36 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61908 |
Actions (login required)
View Item |