PERILAKU BELAJAR MANDIRI ANAK CEREBRAL PALSY DI SMP MUHAMMADIYAH 9 YOGYAKARTA

Rezy, Susanti Harahap (2018) PERILAKU BELAJAR MANDIRI ANAK CEREBRAL PALSY DI SMP MUHAMMADIYAH 9 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Rezy Susanti Harahap_13103241014.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perilaku belajar mandiri anak cerebral palsy dalam kegiatan belajar mengajar di SMP Muhammadiyah 9 Yogyakarta. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah seorang siswi cerebral palsy di SMP Muhammadiyah 9 Yogyakarta. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan observasi. Instrumen yang digunakan yaitu pedoman wawancara dan pedoman observasi. Pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan menyimpulkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku belajar mandiri yang ditunjukkan anak cerebral palsy di sekolah meliputi pengamatan, berpikir asosiatif, berpikir rasional, sikap, dan keterampilan. Perilaku belajar tersebut ditunjukkan dalam bentuk aktivitas-aktivitas belajar. Dari keseluruhan perilaku yang ditunjukkan dapat mencerminkan kemandirian anak cerebral palsy dalam belajar dan dalam mengikuti setiap proses pembelajaran di sekolah.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 10 Dec 2018 09:45
Last Modified: 30 Jan 2019 17:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61822

Actions (login required)

View Item View Item