Pengaruh Metode Cooperative Intergerated Reading and Composition (CIRC) dan Survey, Question, Read, Revie, Recite (SQ3R) Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman

Pamungkas, Sedyo (2018) Pengaruh Metode Cooperative Intergerated Reading and Composition (CIRC) dan Survey, Question, Read, Revie, Recite (SQ3R) Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman. S2 thesis, UNY.

[img] Text
SEDYO PAMUNGKAS 14712251056.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan pengaruh metode SQ3R dan metode ceramah terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa, (2) perbedaan pengaruh metode CIRC dan metode konvensional yaitu metode ceramah terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa, (3) perbedaan pengaruh metode CIRC,SQ3R dan metode konvensional terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Desain penelitian ini menggunakan Nonequivalent Control Group pretestpostest Desain dengan dua kelompok eksperimen dan sebuah kelompok control. Tempat penelitian adalah SD Muhammadiyah Gunungpring Muntilan. Subjek penelitian adalah siswa kelas 4 SD Muhammadiyah Gunungpring Muntilan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda. Pengujian validitas dalam penelitian ini menggunakan teknik analisi butir. Pengukuran reliabilitas instrumen penelitian untuk mengukur keterampilan membaca pemahaman dengan rumus cronbach‟s alpha. Analisis data yang digunakan adalah analisi deskriptif dan analisis inferensial yang dibantu dengan program SPSS 24. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari ketiga kelas, dua kelas eksperimen dan satu kelas kontrol mengalami peningkatan keterampilan membaca pemahaman, yaitu (1) Pembelajaran Cooperative intergrated Reading and Composition (CIRC) dan Survey, Question, Read, Reviel, and Recite (SQ3R) berpengaruh dalam pembelajran keterampilan membca pemahaman siswa SD kelas IV dibuktikan dengan hasil uji independent t-test yang menunjukan taraf signifikansi 0,000 dan < 0,005 nilai rata-rata pos tes ekperimen SQ3R yaitu 75,55 (2) terdapat perbedaan pengaruh metode CIRC terhadap keterampilan membaca pemahama siswa SD kelas IV yang dibuktikan dengan taraf signifikansi 0,002 dan <0,005 kemudian hasil nilai rata- rata yaitu 73,96 (3) Tidak terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara pembelajaran Cooperative intergrated Reading and Composition (CIRC) dan Survey,Question,Read,Reviel,and Recite (SQ3R) terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa SD kelas Ivyang dibuktikan dengan hasil uji anova yang menunjukan taraf signifiknasi 0,502. Kata kunci: cooperative intergrated reading and Composition (CIRC) dan survey, Question, read, recall, and recite (SQ3R), keterampilan membaca pemahaman

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Date Deposited: 06 Dec 2018 04:07
Last Modified: 08 May 2019 03:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61654

Actions (login required)

View Item View Item