Evaluasi Program In-service Training dalam Rangka Peningkatan Kompetensi Guru SMK di BLPT Yogyakarta

Sumiharyati, Sumiharyati (2018) Evaluasi Program In-service Training dalam Rangka Peningkatan Kompetensi Guru SMK di BLPT Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis SUMIHARYATI (14703254004).swf

Download (33MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi keberhasilan program Inservice Training dalam rangka peningkatan kompetensi guru SMK di BLPT Yogyakarta yang terkait dengan komponen konteks, komponen input, komponen proses dan komponen produk khususnya Jurusan Sipil dan Furniture. Penelitian ini merupakan jenis penelitian evaluasi ex-post facto dengan menggunakan pendekatan kuantitatif Evaluasi dilakukan menggunakan model CIPP. Populasi dalam penelitian ini adalah semua guru SMK Jurusan Sipil dan Furniture di DIY yang telah mengikuti program In-service Training dalam rangka peningkatan kompetensi guru SMK di BLPT Yogyakarta. Subyek penelitian berjumlah 56 orang. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang telah diuji validitasnya dengan uji validitas corrected item total yang identik dengan korelasi product moment, serta lolos uji reliabilitas dengan koefisien Alpha Cronbach. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik kuantitatif dengan kriteria. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program In-service Training dalam rangka peningkatan kompetensi guru SMK di BLPT Yogyakarta menurut pendapat peserta berhasil dengan cukup baik. 1) Komponen konteks yang berkaitan dengan relevansi program terhadap materi dan inovasi pembelajaran mencapai rerata skor 2,94 berada pada kategori baik; 2) komponen input yang berkaitan dengan karekteristik peserta, instruktur, materi, serta sarana dan prasarana mencapai rerata skor 2,99 berada pada kategori baik; 3) komponen proses yang berkaitan dengan jadwal, partisipasi peserta, media, metode, dan evaluasi pembelajaran mencapai rerata skor 2,90 berada pada kategori baik; dan 4) pelaksanaan program In-service Training di BLPT Yogyakarta bermanfaat dan mampu meningkatkan kompetensi guru di bidang pengetahuan dan keterampilan terbukti dengan mencapai rerata skor 3,17 berada pada kategori baik. Kata kunci: evaluasi program, In-service Training, dan kompetensi guru.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Pasca Sarjana
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Date Deposited: 19 Nov 2018 02:39
Last Modified: 08 May 2019 03:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61308

Actions (login required)

View Item View Item