PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN KEAKTIFAN SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING PADA MATA PELAJARAN JARINGAN DASAR KELAS X TKJ DI SMK NEGERI 2 DEPOK SLEMAN

Sohaya, Vani (2017) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN KEAKTIFAN SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING PADA MATA PELAJARAN JARINGAN DASAR KELAS X TKJ DI SMK NEGERI 2 DEPOK SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI - Vani Sohaya - 13520241004.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi dan keaktifan siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing pada mata pelajaran jaringan dasar kelas X TKJ di SMK Negeri 2 Depok Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas X TKJ A dengan jumlah siswa 32 siswa. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan dua kali pertemuan pada setiap siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunkan metode observasi dan dokumentasi. Metode observasi berupa lembar observasi kemampuan komunikasi dan keaktifan siswa. Hasil penelitian penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing pada mata pelajaran jaringan dasar dapat meningkatan kemampuan komunikasi dan keaktifan belajar siswa pada setiap siklusnya. Pada siklus I, persentase rata-rata kemampuan komunikasi siswa 43% dan pada siklus II meningkat menjadi 83%. Persentase rata-rata keaktifan siswa pada siklus I 63% sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 77%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: snowball throwing, jaringan dasar, kemampuan komunikasi, keaktifan
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Elektronika dan Informatika > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 15 Nov 2018 03:01
Last Modified: 30 Jan 2019 17:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61278

Actions (login required)

View Item View Item