PENGEMBANGAN DAN ANALISIS KUALITAS SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN SEMINAR BERBASIS WEB DI JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRONIKA DAN INFORMATIKA

Kusaini, Ghofarudin (2017) PENGEMBANGAN DAN ANALISIS KUALITAS SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN SEMINAR BERBASIS WEB DI JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRONIKA DAN INFORMATIKA. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Ghofarudin Kusaini_13520241069.pdf

Download (24MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan sistem informasi pengelolaan seminar berbasis web. 2) mengetahui tingkat kualitas sistem informasi pengelolaan seminar berbasis web yang dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan waterfall yang mengacu pada kaidah software engineering Pressman (2010). Tahapan-tahapan yang dilalui yaitu komunikasi (communication), perencanaan (planning), pemodelan (modeling), konstruksi (construction), dan pendistribusian (deployment). Analisis kualitas software dilakukan dengan mengadopsi standar ISO 25010 yaitu aspek functional suitabilility, performance efficiency, compatibility, usability, reliability, security, maintainability, dan portability. Hasil dari penelitian ini adalah 1) sistem informasi pengelolaan seminar dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dan database Postgre. Framework yang digunakan adalah CodeIgniter dan AdminLTE (Bootstrap). Sistem informasi ini memiliki 7 level user yaitu administrator, panitia (committee), reviewer, pemakalah utama (presenter), pemakalah kedua (non-presenter), peserta (audience), dan pengunjung (guest). 2) hasil analisis kualitas software dengan mengadopsi standar ISO 25010 adalah sebagai berikut: (1) aspek function suitability dengan keberhasilan 100%; (2) aspek performance efficiency memperoleh hasil Yslow score 92.97 (grade A); (3) aspek compability dapat berjalan dengan baik pada 4 web mail yang diujikan; (4) aspek usability diperoleh raw SUS score sebesar 73.00, acceptability ranges dengan hasil acceptable, grade scale dengan hasil C, dan adjective ratings dengan hasil good; (5) aspek reliability dengan hasil 100%; (6) aspek security dengan hasil kerentanan keamanan berada pada tingkat 1 (low); (7) aspek maintainability dengan hasil maintainability index 90.81 (kategori tinggi); (8) aspek portability dapat berjalan dengan baik pada 5 web browser yang diujikan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Web, Mengelola Seminar, Waterfall, ISO 25010
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Elektronika dan Informatika > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 15 Nov 2018 02:24
Last Modified: 30 Jan 2019 17:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61262

Actions (login required)

View Item View Item