UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN METODE PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) PADA MATA PELAJARAN PEREKAYASAAN SISTEM ANTENA SISWA KELAS XI TEKNIK AUDIO VIDEO DI SMK NEGERI 2 KLATEN

Tsalasatun, Rizqon (2018) UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN METODE PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) PADA MATA PELAJARAN PEREKAYASAAN SISTEM ANTENA SISWA KELAS XI TEKNIK AUDIO VIDEO DI SMK NEGERI 2 KLATEN. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
TAS_11502241019_Rizqon Tsalasatun N.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan proses pelaksanaan penerapan metode pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dalam rangka meningkatkan keaktifan belajar mata pelajaran Perekayasaan Sistem Antena siswa kelas XI Teknik Audio Video B SMK N 2 Klaten; (2) Mengetahui peningkatan keaktifan dan hasil belajar mata pelajaran Perekayasaan Sistem Antena siswa kelas XI Teknik Audio Video B SMK N 2 Klaten setelah diterapkan metode pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI). Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas yang menggunakan metode pembelajaran TAI untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas XI TAV B SMK Negeri 2 Klaten dengan jumlah 33 siswa. Penelitian dilaksanakan dengan sistematika 2 siklus, dimana tiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Variabel yang diteliti yaitu keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran perekayasaan sistem antena. Aspek keaktifan diamati melalui pengamatan menggunakan lembar observasi yang dilaksanakan pada saat kegiatan pembelajaran berlangsung. Aspek hasil belajar diamati melalui hasil tes tertulis yang dilaksanakan tiap akhir siklus. Data dianalisis secara deskriptif dengan perhitungan sederhana. Hasil penelitian menunjukan: (1) rata-rata persentase ketuntasan aspek keaktifan mengalami peningkatan sebesar 17,61% dari siklus I dengan rata-rata ketuntasan sebesar 41,77% meningkat menjadi 59,38% pada siklus II; (2) ratarata aspek hasil belajar mengalami peningkatan sebesar 51,52% dari siklus I dengan rata-rata 42,42% dan siklus II sebesar 93,94%. Berdasarkan hasil yang diperoleh, kemampuan siswa mengalami peningkatan baik dari aspek keaktifan maupun maupun hasil belajar, sehingga penggunaan metode pembelajaran TAI sebagai upaya meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa berhasil.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Penelitian Tindakan Kelas , Keaktifan , Hasil belajar, Perekayasaan Sistem Antena
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Elektronika dan Informatika > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 13 Nov 2018 07:09
Last Modified: 30 Jan 2019 17:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61237

Actions (login required)

View Item View Item