PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN QR CARD AKUNTANSI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR JURNAL PENUTUP SISWA KELAS XII IPS SMA NEGERI 2 BANTUL TAHUN PELAJARAN 2018/2019

FAUZIAH, DAHLIA (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN QR CARD AKUNTANSI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR JURNAL PENUTUP SISWA KELAS XII IPS SMA NEGERI 2 BANTUL TAHUN PELAJARAN 2018/2019. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_Dahlia Fauziah_14803244017.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan Media Pembelajaran QR Card Akuntansi yang dapat mengingkatkan Motivasi Belajar Jurnal Penutup Siswa Kelas XII IPS SMA Negeri 2 Bantul; (2) mengetahui kelayakan Media Pembelajaran QR Card Akuntansi yang dapat mengingkatkan Motivasi Belajar Jurnal Penutup Siswa Kelas XII IPS SMA Negeri 2 Bantul; (3) Mengetahui peningkatam Motivasi Belajar Jurnal Penutup Siswa Kelas XII IPS SMA Negeri 2 Bantul setelah menggunakan Media Pembelajaran QR Card Akuntansi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) yang menggunakan model ADDIE (analysis, design, development, implementation, evaluation). Penilaian kelayaan Media Pembelajaran QR Card Akuntansi dilakukan oleh ahli materi, ahli media, praktisi pembelajaran Akuntansi, dan siswa melalui uji coba kelompok kecil. Subjek penelitian ini adalah Siswa Kelas XII IPS SMA Negeri 2 Bantul dengan jumlah total 40 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner atau angket. Data yang diperoleh dari angket kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Media Pembelajaran QR Card Akuntansi dikembangkan dengan menganalisa kebutuhan siswa, mendesain media, mengembangkan media, implementasi dan evaluasi media; (2) tingkat kelayakan Media Pembelajaran QR Card Akuntansi dinilai sangat layak oleh para ahli dengan rata-rata skor 3,50 dari ahli materi, 3,56 oleh ahli media, dan 3,60 oleh praktisi pembelajaran akuntansi. Hasil uji coba kelompok kecil diperoleh rata-rata skor 3,34 yang termasuk dalam kategori sangat layak, sehingga Media Pembelajaran QR Card Akuntansi ini sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran; (3) Peningkatan Motivasi Belajar Jurnal Penutup dilihat dari perhitungan gain score diketahui sebesar 0,17 yang termasuk dalam kategori rendah. Hasil uji t berpasangan menunjukkan perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah menggunakan Media Pembelajaran QR Card Akuntansi. Maka, Media Pembelajaran QR Card Akuntansi dapat meningkatkan Motivasi Belajar Jurnal Penutup Siswa Kelas XII IPS SMA Negeri 2 Bantul meskipun peningkatannya relatif rendah.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Akuntansi, Belajar, Jurnal Penutup, Media, Motivasi, QR Card.
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 09 Nov 2018 06:51
Last Modified: 30 Jan 2019 17:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61172

Actions (login required)

View Item View Item