Pengembangan Aktivitas Pembelajaran Bermain Melempar Bola Pada Sasaran Untuk Meningkatkan Keterampilan Manipulatif Dan Motivasi Belajar Bagi Siswa Kelas Bawah

Purnomo, Irfan Dedik (2018) Pengembangan Aktivitas Pembelajaran Bermain Melempar Bola Pada Sasaran Untuk Meningkatkan Keterampilan Manipulatif Dan Motivasi Belajar Bagi Siswa Kelas Bawah. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-irfan dedik purnomo-11711251042.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aktivitas pembelajaran bermain melempar bola pada sasaran untuk meningkatkan keterampilan manipulatif dan motivasi belajar bagi siswa kelas bawah. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang terdiri atas dua tahapan yaitu tahap penelitian pendahuluan dan tahap pengembangan. Tahap penelitian pendahuluan terdiri dari kajian literatur, kajian penelitian relevan dan studi lapangan. Tahap pengembangan terdiri perencanaan, validasi ahli, uji skala kecil, dan uji skala besar. Validasi melibatkan 4 orang ahli. Uji skala kecil dilakukan terhadap 10 siswa kelas 1 dan 2 dengan melibat 2 orang guru di Sekolah Dasar N 1 Banjarharjo. Uji skala besar dilakukan terhadap dua Sekolah Dasar yaitu SD N Jatimulyo dan SD N Semuten dengan menggunakan 20 siswa pada masing-masing sekolah dan 4 orang guru. Instrumen yang digunakan berupa angket, lembar observasi, dan rubrik penilaian. Analisis data pada tahap penelitian pendahuluan dan tahap pengembangan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini berupa aktivitas pembelajaran bermain melempar bola pada sasaran untuk meningkatkan keterampilan manipulatif dan motivasi belajar bagi siswa kelas bawah sebanyak 4 model permainan. Berdasarkan penilaian validasi ahli dinyatakan bahwa isi materi, bahasa, dan format penulisan dalam model pembelajaran sangat baik. Hasil uji skala kecil secara substansi dan pelaksanaan tergolong sangat baik. Hasil uji skala besar aspek substansi dan pelaksanaan tergolong sangat baik, sehingga dihasilkan model yang layak untuk digunakan. Hasil uji beda terhadap gerak dasar manipulatif siswa didapatkan peningkatan yang signifikan dari pertemuan 1 ke pertemuan 2 sampai pertemuan 3. Nilai rata-rata pada pertemuan 3 paling tinggi dibandingkan dengan pertemuan 1 dan 2. Dilihat dari motivasi siswa juga menunjukkan motivasi tinggi untuk mengikuti proses pembelajaran. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa aktivitas pembelajaran bermain melempar bola pada sasaran efektif digunakan untuk mengembangkan gerak dasar manipulatif dan motivasi belajar siswa sekolah dasar kelas bawah. Kata kunci: permainan lempar bola, gerak manipulatif, SD

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Date Deposited: 05 Nov 2018 08:25
Last Modified: 10 Jan 2022 03:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61099

Actions (login required)

View Item View Item