Pengaruh Kepemimpinan Guru, Kegiatan Ekstrakurikuler, dan Iklim Sekolah Terhadap Kedisiplinan Siswa SMP Pangudi Luhur se Kabupaten Klaten

Marsanto, AG (2018) Pengaruh Kepemimpinan Guru, Kegiatan Ekstrakurikuler, dan Iklim Sekolah Terhadap Kedisiplinan Siswa SMP Pangudi Luhur se Kabupaten Klaten. S2 thesis, UNY.

[img] Text
AG MARSANTO, 16703251024, MANAJEMEN PENDIDIKAN - S2 (TESIS).swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengaruh: (1) kepemimpinan guru terhadap kedisiplinan siswa, (2) kegiatan ekstrakurikuler terhadap kedisiplinan siswa, (3) iklim sekolah terhadap kedisiplinan siswa; (4) kepemimpinan guru, kegiatan ekstrakurikuler, dan iklim sekolah secara bersama-sama terhadap kedisiplinan siswa di SMP Pangudi Luhur se Kabupaten Klaten. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex post facto yang melibatkan tiga variabel bebas dan satu variabel terikat yaitu kepemimpinan guru (X 1 ), kegiatan ekstrakurikuler (X 2 ), iklim sekolah (X 3 ), dan kedisiplinan siswa (Y). Penelitian ini melibatkan siswa di SMP Pangudi Luhur yang berada di Kabupaten Klaten dengan populasi penelitian 1035 siswa, kemudian diambil sampel dengan teknik proportionate stratified random sampling mendapatkan 280 siswa. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket yang terdiri dari 73 butir pernyataan dengan masing-masing alternatif jawaban 1 sampai 4. Validitas instrumen diuji dengan pengujian validitas konstruksi dengan menggunakan pendapat ahli (experts judgment) . Reliabilitas instrumen dihitung dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach dengan hasil: r ii kepemimpinan guru = 0,848; r 11 kegiatan ekstrakurikuler = 0,757; r 11 iklim sekolah = 0,731; dan r 11 kedisiplinan siswa = 0,719. Analisis data menggunakan teknik regresi linier sederhana dan ganda untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan kepemimpinan guru terhadap kedisiplinan siswa dengan nilai t = 16,625; p = 0,000; dan kontribusi 49,7%. (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan kegiatan ekstrakurikuler terhadap kedisiplinan siswa dengan nilai t = 11,195; p = 0,000; dan kontribusi 30,8%. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan iklim sekolah terhadap kedisiplinan siswa dengan nilai t = 7,979; p = 0,000; dan kontribusi 18,3%. (4) Terdapat pengaruh positif dan signifikan kepemimpinan guru, kegiatan ekstrakurikuler, dan iklim sekolah secara bersamasama terhadap kedisiplinan siswa dengan nilai F = 122,592; p = 0,000; dan kontribusi 56,7%. Kata kunci: disiplin, kepemimpinan, ekstrakurikuler, iklim sekolah.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Pasca Sarjana
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Date Deposited: 05 Nov 2018 04:15
Last Modified: 08 May 2019 03:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61094

Actions (login required)

View Item View Item