Implementasi Penilaian Otentik dalam Pembelajaran Sejarah di SMA N 1 Ngaglik dan SMA N 2 Sleman

Dewi, Sulis Setiani Kusuma (2018) Implementasi Penilaian Otentik dalam Pembelajaran Sejarah di SMA N 1 Ngaglik dan SMA N 2 Sleman. S2 thesis, UNY.

[img] Text
Sulis_Setiani_Kusuma_Dewi_Tesis.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan implementasi penilaian otentik dalam pembelajaran sejarah di SMA N 1 Ngaglik dan SMA N 2 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif naturalistik yang dilaksanakan di SMA N 1 Ngaglik dan SMA N 2 Sleman. Subjek penelitian adalah guru sejarah, kepala sekolah, wakil kepala sekolah bagian kurikulum, guru BK, wali Kelas dan peserta didik. Penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data penelitian ini adalah peneliti sendiri. Proses pengujian keabsahan data yang dilakkan dalam penelitian ini meliputi triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Tenik analisis data yang digunakan yaitu model Miles and Huberman yaitu data collection (pengumpulan data), data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), dan colclusion drawing/verification (kesimpulan/verifikasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kedua sekolah melaksanakan penilaian otentik dalam kegiatan penilaian pembelajaran meskipun dalam penerapannya masih ditemui kekurangan. Pada perencanaan penilaian kedua sekolah sudah sama-sama membuat perencanaan penilaian yang mencakup peniaian sikap, pengetahuan dan keterampilan, meskipun guru sejarah di kedua sekolah belum membuat kisi-kisi dalam penilaian pengetahuan. 2) Pelaksanaan penilaian, kedua sekolah melaksanakan penilaian sikap dengan teknik observasi, dan penilaian antar teman, sementara teknik penilaian diri juga dilakukan di SMA N 2 Sleman. Penilaian pengetahuan dilakukan dengan tugas LKS, Ulangan Harian, PTS, dan PAS. Selain itu, penilaian pengetahuan di SMA N 2 Sleman dilakukan dengan teknik tes lisan. Penilaian keterampilan dilakukan dengan tugas melakukan presentasi, membuat makalah, diskusi, dan tugas lain sesuai dengan materi yang dipelajari. 3) Kegiatan pengolahan penilaian sikap dilaksanakan oleh guru sejarah di kedua sekolah dengan melakukan koordinasi bersama guru BK dan wali kelas. Sementara pengolahan penilaian pengetahuan dan keterampilan dilakukan dengan menghitung rata-rata nilai yang telah diperoleh. 4) Kegiatan tindak lanjut dilaksanakan dengan melakukan remidial berupa tes tertulis, sementara remidial di SMA N 1 Ngaglik dilakukan dengan teknik tes lisan. Kata Kunci: Penilaian Otentik, Pembelajaran Sejarah

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Ilmu Sosial > Sejarah
Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sejarah
Date Deposited: 31 Oct 2018 03:59
Last Modified: 08 May 2019 03:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/61015

Actions (login required)

View Item View Item