PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BINA WICARA BAGI SISWA TUNARUNGU DI SLB NEGERI 2 BANTUL

Bayu, Nur Rohman (2018) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BINA WICARA BAGI SISWA TUNARUNGU DI SLB NEGERI 2 BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Bayu Nur Rohman_12103244060.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan teknik-teknik, metode, media, dan evaluasi pembelajaran bina wicara di Sekolah Luar Biasa Negeri 2 Bantul. Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini satu guru. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi dan wawancara. Kemudian analisis data dengan menyiapkan data, pemeriksaan data dan pembeberan data. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran bina wicara pada siswa tunarungu terdiri dari: 1) Teknik-teknik yang meliputi latihan pra-wicara, melatih vokal dan memperbaiki fonem. Teknik pra wicara yang digunakan guru yaitu dengan cara latihan pelemasan organ wicara menggunakan alat bantu bola tenis meja yang dimasukkan botol (sudah dimodifikasi) dengan cara meniupnya. Teknik memperbaiki ucapan fonem menggunakan jenis fonem /c/ dan /j/ dengan cara menghadap ke cermin dan mengikuti ucapan guru diikuti dengan memegang tenggorokan guru dan siswa; 2) Metode terbagi berdasarkan cara menyampaikan materi, berdasarkan modalitas yang dimiliki, dan berdasarkan fonetika. Guru menggunakan metode berdasarkan cara penyajian materi yang di dalamnya terdapat metode global berdiferensiasi dan analisis sintesis. Cara pembelajarannya menggunakan sebuah kalimat baru ke fonem dan juga dari fonem baru ke kalimat; 3) Media yang digunakan guru meliputi speech trainer (untuk membantu guru menyampaikan sebuah kata kepada siswa), bola tenis meja (untuk latihan pernafasan dengan cara ditiup), kaca cermin (membantu membetulkan bentuk mulut dengan melihat bentuk mulut guru), kartu kata (untuk latihan membaca), tisu (mengetahui besar dan kecilnya udara yang keluar dari mulut), garpu tala (untuk membetulkan posisi lidah) dan handphone (untuk membantu siswa dalam menambah kosa kata); 4) Pelaksanaan evaluasi dilakukan setelah proses pembelajaran dan di akhir semester berupa tes kejelasan bicara.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 31 Oct 2018 01:20
Last Modified: 30 Jan 2019 17:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60988

Actions (login required)

View Item View Item