PENINGKATAN KETRAMPILAN MICROSOFT WORD MELALUI METODE DRILL PADA ANAK CEREBRAL PALSY KELAS X SMALB DI SLB GANDA DAYA ANANDA

Arif, Hidayat Kurniawan (2018) PENINGKATAN KETRAMPILAN MICROSOFT WORD MELALUI METODE DRILL PADA ANAK CEREBRAL PALSY KELAS X SMALB DI SLB GANDA DAYA ANANDA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Arif Hidayat Kurniawan_13103244010.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan Microsoft Word melalui metode latihan/Drill pada anak Cereberal Palsy kelas X SMALB di SLB Ganda Daya Ananda. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Desain penelitian yang digunakan yaitu desain penelitian dari Kemmis dan McTaggart. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMALB Daya Ananda. Data diperoleh berdasarkan hasil observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Peningkatan keterampilan Microsoft Word ditunjukkan dengan siswa mampu mengoperasikan program Microsoft Word yaitu membuka MS Word, membuat lembar kerja baru, Menyimpan dokumen dan membuka dokumen, mengetik teks mengubah font size, Mengedit teks (Copy, Paste & delete) membuat tabel dan menambah tabel, menyisipkan gambar.Hasil peningkatan ditunjukkan dengan siswa mampu mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal yaitu 70. Pada tes pra tindakan siswa memperoleh nilai 50. Setelah dilakukannya tindakan menggunakan metode Drill, meningkat 18% pada siklus I dengan nilai 68 dengan kategori cukup. Pada siklus II siswa memperoleh nilai 80 dengan kategori baik dan mengalami peningkatan sebesar 30% dari nilai tes pra tindakan. Penggunaan metode latihan/Drill dalam meningkatkan ketermpilan Microsoft Word. Metode Drill dapat melatih untuk melakukan kebiasaan yang telah diajarkan sehingga siswa dapat menguasai materi pelatihan keterampilan Microsoft Word dengan baik dan benar. Kinerja guru dalam pelatihan keterampilan Microsoft Word menggunakan metode Drill pada penelitian ini sudah baik dalam memberikan dan menyampaikan materi pelatihan dan guru telah melakukan kegiatan dalam RPP secara runtut dan baik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 31 Oct 2018 01:10
Last Modified: 30 Jan 2019 17:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60985

Actions (login required)

View Item View Item