Evaluasi Manajemen Pembelajaran Kajian Keagamaan di Pondok Pesantren API ASRI Tegalrejo Magelang

Yaqin, Dewi Nila Ainul (2018) Evaluasi Manajemen Pembelajaran Kajian Keagamaan di Pondok Pesantren API ASRI Tegalrejo Magelang. S2 thesis, UNY.

[img] Text
full tesis, dewi nila ainul yaqin .swf

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi manajemen pembelajaran dalam bidang perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi, pada pembelajaran kajian keagamaan di Pondok Pesantren API ASRI Tegalrejo, Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan model discrepancy dan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian dilaksanakan di Asrama Putri Tepo Pondok Pesantren API ASRI Tegalrejo Magelang, dengan subjek ustadz dan santri. Pengumpulan data menggunakan angket, observasi serta studi dokumentasi. Uji validitas instrumen untuk ustadz menggunakan expert judgment. Sedangkan uji validitas instrumen untuk santri menggunakan Pearson correlation product moment. Reliabilitas instrumen dihitung menggunakan formula Cronbach Alpha yang menghasilkan nilai lebih besar dari 0,60, yaitu: 0,952, 0,861, dan 0,942. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis kuantitatif persentase dengan bantuan software SPSS. Secara umum, manajemen pada pembelajaran kajian keagamaan di Pondok Pesantren API ASRI Tegalrejo, Magelang sudah dilaksanakan dengan baik dengan indikasi sebagai berikut: (1) perencanaan pembelajaran dilakukan secara berkala dengan melibatkan para pemangku kepentingan,meliputi pemimpin pesantren/kyai, kepala divisi pendidikan, divisi pendidikan, ustadz, alumni, dan pengurus asrama. (2) pelaksanaan pembelajaran sudah terlaksana dengan baik, ditandai dengan kesiapan ustadz dalam implementasi pembelajaran, kesesuaian antara materi dengan program dan jadwal, kesiapan dan motivasi santri dalam pembelajaran, kelengkapan dan kesesuaian jumlah serta penggunaan sarana prasarana dengan kebutuhan, serta lingkungan belajar mendukung efektifitas pembelajaran. (3) evaluasi pembelajaran, meliputi evaluasi hasil belajar dan evaluasi proses pembelajaran. Kata kunci: evaluasi, kajian keagamaan, manajemen pembelajaran

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Date Deposited: 25 Oct 2018 03:45
Last Modified: 08 May 2019 03:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60862

Actions (login required)

View Item View Item