Pengembangan Buku MathLite dalam Meningkatkan Motivasi, Minat, dan Menurunkan Kecemasan Matematika Siswa Kelas IV SD Sekecamatan Magelang Tengah

Setiawan, Yohana (2018) Pengembangan Buku MathLite dalam Meningkatkan Motivasi, Minat, dan Menurunkan Kecemasan Matematika Siswa Kelas IV SD Sekecamatan Magelang Tengah. S2 thesis, UNY.

[img] Text
Yohana Setiawan (15712251066).swf

Download (12MB)

Abstract

MathLite adalah buku sastra anak yang mengandung konsep matematika. Kelebihan dari buku ini adalah menggabungkan teori belajar Bruner, Piaget, dan Vygotsky. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengembangkan buku MathLite yang layak dalam meningkatkan motivasi, minat, dan menurunkan kecemasan pada mata pelajaran matematika siswa SD kelas IV dan (2) Untuk mengetahui efektivitas buku MathLite untuk meningkatkan motivasi, minat, dan menurunkan kecemasan pada mata pelajaran matematika siswa SD kelas IV. Desain Research and Development ini menggunakan desain Borg and Gall (1983). Dengan 10 tahap yaitu (1) penelitian dan studi pendahuluan, (2) perencanaan penelitian, (3) pengembangan produk awal, (4) uji lapangan terbatas, (5) revisi hasil uji lapangan terbatas, (6) uji lapangan lebih luas, (7) revisi hasil uji lapangan lebih luas, (8) uji efektifitas, (9) Revisi hasil uji efektivitas, dan (10) deseminasi dan sosialisasi produk akhir. Subjek uji coba lapangan terbatas adalah siswa kelas IV SD Kristen 1 Magelang sebanyak 11 siswa. Subjek uji coba lapangan adalah 35 siswa kelas IV SD Pantekosta Magelang. Subjek uji efektifitas adalah siswa kelas IV A SDN Kemirirejo 1 Magelang sebanyak 36 siswa. Penelitian ini menggunakan teknik non-test, metode kuesioner dengan instrumen skala. Validasi instrumen dilakukan dengan validitas isi dan uji reliabilitas dengan koefisien korelasi setiap itemnya > 0,30. Penilaian kelayakan dilakukan oleh validator (ahli media, materi, dan sastra anak) dan uji kepraktisan dilakukan oleh guru dan murid. Uji efektivitas MathLite dilakukan dengan design penelitian praeksperimental menggunakan skala motivasi, minat, dan kecemasan matematika. Teknik analisis data adalah paired sample t-test dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa MathLite mendapat kriteria penilaian Baik dari ahli media, dan materi, dan berkriteria sangat baik dari ahli sastra anak. MathLite dinilai praktis karena memperoleh kriteria sangat baik oleh siswa dan guru. Skor rata-rata motivasi matematika meningkat dari 39,11 menjadi 41,33, skor minat matematika meningkat dari 33,42 menjadi 35,08, dan skor kecemasan matematika menurun dari 21,39 menjadi 21,06. Hasil uji efektivitas menunjukkan bahwa MathLite secara signifikan mampu meningkatkan motivasi (p=0,000) dan minat siswa (p=0,003) terhadap matematika tetapi belum signifikan menurunkan kecemasan matematika siswa (p=0,575). Kata Kunci: matematika, literasi anak, MathLite, sastra anak, motivasi, minat, kecemasan matematika

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Date Deposited: 24 Oct 2018 02:33
Last Modified: 08 May 2019 06:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60787

Actions (login required)

View Item View Item