Implementasi Blended Learning untuk Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar pada Siswa Kelas V Azzahrawi SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta

Farida, Estin (2018) Implementasi Blended Learning untuk Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar pada Siswa Kelas V Azzahrawi SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
TESIS.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa kelas 5 Azzahrawi SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta pada tahun pelajaran 2016/2017 . Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan desain model Kemmis dan Taggart. Subjek penelitian ini adalah 33 siswa kelas 5 Azzahrawi SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta yang terdiri dari 20 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan . Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, kuisioner, tes tertulis dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, kuesioner dan soal tes tertulis. Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa blended learning dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa kelas 5 Azzahrawi SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta. Peningkatan keaktifan siswa dapat dilihat dari persentase sebelum diberi tindakan yaitu sebesar 0,0% siswa memiliki keaktifan sangat tinggi, 33,3% siswa memiliki keaktifan tinggi, kemudian meningkat pada siklus 1 yaitu 9,1% siswa memiliki keaktifan sangat tinggi, 69,1% siswa memiliki keaktifan tinggi. Pada siklus 2 tingkat keaktifan siswa semakin meningkat lagi yaitu sebesar 87,9% siswa memiliki keaktifan sangat tinggi, 12,1% siswa memiliki keaktifan tinggi. Peningkatan prestasi belajar siswa dapat dilihat dari persentase sebelum diberi tindakan yaitu hanya sebesar 39,4% siswa sudah mencapai KKM. Setelah penerapan blended learning pada siklus I meningkat menjadi 78.8% siswa yang sudah mencapai KKM kemudian meningkat lagi pada siklus II yaitu sebesar 97,0%. Hasil temuan penelitian menunjukkan blended leaning dapat diterapkan di kelas 5 Sekolah Dasar. Adanya keterlibatan dan kerjasama dengan orang tua dalam pembelajaran blended learning dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa kelas 5 Sekolah Dasar. 100% orang tua siswa di kelas ini setuju bahwa penambahan E-learning dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa di kelas ini. Kata Kunci: keaktifan, prestasi belajar, blended learning

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Date Deposited: 11 Oct 2018 02:00
Last Modified: 08 May 2019 06:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60471

Actions (login required)

View Item View Item