Pengembangan Media Convertible Book Berbasis Scientific Approach untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis dan Karakter Cinta Tanah Air Siswa Kelas IV SD di Kecamatan Seyegan

Nofiani, Esti (2018) Pengembangan Media Convertible Book Berbasis Scientific Approach untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis dan Karakter Cinta Tanah Air Siswa Kelas IV SD di Kecamatan Seyegan. S2 thesis, UNY.

[img] Text
TESIS ESTI LENGKAP.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan media convertible book berbasis scientific approach yang layak dalam meningkatkan kemampuan berpikir logis dan karakter cinta tanah air, (2) mengetahui keefektifan media convertible book berbasis scientific approach dalam meningkatkan kemampuan berpikir logis dan karakter cinta tanah air. Metode penelitian adalah research and development (R&D) yang mengacu Borg and Gall terdiri dari 10 langkah. Subjek dari uji coba adalah siswa dan guru kelas IV SD di Kecamtan Seyegan. Pengumpulan data dilakukan menggunakan wawancara, observasi, angket, tes, dan skala. Validasi produk dilakukan dengan ahli materi, media, serta respon guru dan siswa. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik uji independent t-test dan uji MANOVA dengan taraf signifikansi sebesar 5%. Hasil dari penelitian menunjukan media convertible book berbasis scientific approach yang layak digunakan bedasarkan hasil validasi ahli materi dan media serta respon guru dan siswa dengan kategori yang diperoleh sangat baik. Media convertible book berbasis scientific approach yang dikembangkan efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir logis dan karakter cinta tanah air siswa. Hasil uji lapangan operasional bedasarkan uji independent t-test antara skor posttest kemampuan berpikir logis kelas eksperimen dan kontrol menunjukkan nilai signifikansi yang diperoleh sebesar 0.000<0.05, sehingga terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan penggunaan media convertible book berbasis scientific approach terhadap kemampuan berpikir logis. Hasil uji independent t-test pada skor penilaian akhir karakter cinta tanah air kelas kontrol dan eksperimen menunjukkan hasil nilai signifikansi yang diperoleh sebesar 0.000<0.05, sehingga terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan penggunaan media convertible book berbasis scientific approach terhadap karakter cinta tanah air. Hasil uji MANOVA pada skor posttest menunjukkan nilai statistik Hoteling’s Trace sebesar 0.000<0.05. Hal ini menunjukkan adanya perbedaan pengaruh yang sinifikan kemampuan berpikir logis dan karakter cinta tanah air siswa kelas IV SDN di Kecamatan Seyegan antara yang mengikuti pembelajaran dengan media convertible book berbasis scientific approach dan yang tidak mengikuti. Kata Kunci: media convertible book, scientific approach, berpikir logis, karakter cinta tanah air

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Date Deposited: 01 Oct 2018 07:44
Last Modified: 08 May 2019 06:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60226

Actions (login required)

View Item View Item