Efektivitas Metode Inquiry dengan Sintaks Learning Cycle 7E terhadap Hasil Belajar, Kemampuan Penalaran dan Pembuktian, dan Keterampilan Kolaboratif Peserta Didik SMP pada Materi Peluang

Laja, Yosepha Patricia W. (2018) Efektivitas Metode Inquiry dengan Sintaks Learning Cycle 7E terhadap Hasil Belajar, Kemampuan Penalaran dan Pembuktian, dan Keterampilan Kolaboratif Peserta Didik SMP pada Materi Peluang. S2 thesis, UNY.

[img] Text
TESIS_Yosepha Patricia W. Laja _16709251080 PPs Pendidikan Matematika.swf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) efektivitas pembelajaran matematika menggunakan metode inquiry terhadap hasil belajar, kemampuan penalaran dan pembuktian, keterampilan kolaboratif; 2) efektivitas pembelajaran matematika menggunakan metode inquiry dengan sintaks learning cycle 7e terhadap hasil belajar, kemampuan penalaran dan pembuktian, keterampilan kolaboratif; 3) perbandingan efektivitas metode inquiry dan metode inquiry dengan sintaks learning cycle 7e terhadap hasil belajar, kemampuan penalaran dan pembuktian serta keterampilan kolaboratif peserta didik SMP pada materi peluang. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan model eksperimen semu (Quasi Eksperimen). Subjek penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII se- kota Kupang yang sekolahnya menerapkan kurikulum 2013 dan nilai ujian kenaikkan kelas di atas 70. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII A dan VIII B SMPN 11 Kota Kupang. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi tes hasil belajar, tes kemampuan penalaran dan pembuktian, non tes keterampilan kolaboratif yang telah divalidasi dan reliabel. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji One Sample � 2 Test untuk melihat efektivitas metode terhadap seluruh variabel dan uji �2 Hotteling’s Trace untuk membandingkan efektivitas metode pembelajaran. Karena terdapat perbedaan efektivitas maka dilanjutkan uji Independent Sample t Test. Taraf signifikansi untuk semua analisis adalah 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) metode inquiry efektif terhadap hasil belajar, kemampuan penalaran dan pembuktian, keterampilan kolaboratif; 2) metode inquiry dengan sintaks learning cycle 7e efektif terhadap hasil belajar, kemampuan penalaran dan pembuktian, keterampilan kolaboratif; 3) metode inquiry tidak lebih efektif atau sama efektifnya dengan metode inquiry dengan sintaks learning cycle 7e terhadap hasil belajar, kemampuan penalaran dan pembuktian namun lebih efektif terhadap keterampilan kolaboratif. Kata Kunci : metode pembelajaran inquiry, metode inquiry dengan sintaks learning cycle 7e, hasil belajar, kemampuan penalaran dan pembuktian, keterampilan kolaboratif.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Date Deposited: 01 Oct 2018 03:50
Last Modified: 08 May 2019 06:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60219

Actions (login required)

View Item View Item