Pengaruh Realistic Mathematic Education (RME) dan Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah danMateri Kelipatan Persekutuan Terkecil dan Faktor Persekutuan Terbesar Dan Keaktifan Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Khusna, Maziatul (2018) Pengaruh Realistic Mathematic Education (RME) dan Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah danMateri Kelipatan Persekutuan Terkecil dan Faktor Persekutuan Terbesar Dan Keaktifan Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-maziatul-khusna-15712251013.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh pembelajaran dengan pendekatan Realistic Mathematic Education(RME) dan Contextual Teaching and Learning (CTL)terhadap kemampuan pemecahan masalah dan keaktifan siswa dan membandingkan keefektifan RME dan CTL terhadap kemampuan pemecahan masalah dan keaktifan siswa. Jenis penelitian ini yaitu eksperimen semu menggunakan pretest- postestnonequivalent control group designdengan dua kelompok eksperimen dan satu kelompok kontrol. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas IV Se- Kecamatan Sentolo yang menggunakan kurikulum 2013 yang terdiri dari 8 sekolah. Dari populasiyang ada diambil 3 sekolah yaitu SDN 3 Sentolo, SDN Kaliagung, dan SDN Jlaban sebagai sampel penelitian. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes kemampuan pemecahan masalah dan lembar observasi keaktifan siswa. Reliabilitas instrumen tes kemampuan pemecahan masalah menggunakan rumusCronbach Alpha diperoleh r= 0,954dengan SEM sebesar 4,834. Untuk menguji keefektifan pembelajaran menggunakan pendekatan RME dan CTL, digunakan analisis one sample t-test. Untuk membandingkan keefektifan pendekatan RME dan CTL dianalisis menggunakan uji T2 Hotteling dan uji t dengan kriteria benferroni untuk menentukan pendekatan pembelajaran manakah yang lebih berpengaruh. Setiap analisis dilakukan pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pembelajaran matematika dengan pendekatan RME dan CTL berpengaruh positif tehadap kemampuan pemecahan masalah dan keaktifan siswa, (2) pendekatan RME lebih baik pengaruhnyadibandingkan pembelajaran dengan pendekatan CTL pada aspek kemampuan pemecahan masalah, (3) pendekatan RME tidak lebih baik pengaruhnya dibandingkandengan pembelajaran denganpendekatan CTL pada aspek keaktifan siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: RME, CTL, kemampuan pemecahan masalah dan keaktifansiswa
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 27 Sep 2018 02:18
Last Modified: 09 May 2019 09:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60173

Actions (login required)

View Item View Item