Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Group Investigation (GI) dan Think Pair Share (TPS) terhadap Pemahaman Konsep dan Keaktifan Siswa Kelas IV SD Negeri Gugus Arunbinang Kabupaten Kebumen.

Khasanah, Uswatun (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Group Investigation (GI) dan Think Pair Share (TPS) terhadap Pemahaman Konsep dan Keaktifan Siswa Kelas IV SD Negeri Gugus Arunbinang Kabupaten Kebumen. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-uswatun-khasanah-16712251089.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji: (1) pengaruh group investigation terhadap pemahaman konsep rendah, (2) pengaruh group investigation terhadap pemahaman tinggi, (3) pengaruh group investigation terhadap keaktifan rendah, (4) pengaruh group investigation terhadap keaktifan tinggi, (5) pengaruh think pair share terhadap pemahaman konsep rendag, (6) pengaruh think pair share terhadap pemahaman tinggi, (7) pengaruh think pair share terhadap keaktifan rendah, dan (8) pengaruh think pair share terhadap keaktifan tinggi. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif mengggunakan kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV SD Negeri Gugus Arunbinang tahun ajaran 2017/2018 yang terdiri dari lima sekolah yaitu SDN 1 Bumirejo, SDN 2 Bumirejo, SDN 4 Bumirejo, SDN 5 Bumirejo, dan SDN Pius Bhakti Utama. Sampel penelitian ini adalah kelas IV SDN 5 Bumirejo dan SDN 4 Bumirejo sebagai kelompok eksperimen, dan SDN 2 Bumirejo sebagai kelompok kontrol. Teknik pengambilan sampel secara random. Pengumpulan data menggunakan tes yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data menggunakan independen sample t-test dan manova dua jalur dengan taraf signifikansi 5% yang pengujiannya menggunakan bantuan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tidak terdapat pengaruh yang signifikan group investigation terhadap pemahaman konsep rendah siswa, (2) terdapat pengaruh yang signifikan group investigation terhadap pemahaman konsep tinggi siswa, (3) tidak terdapat pengaruh yang signifikan group investigation terhadap keaktifan rendah siswa, (4) terdapat pengaruh yang signifikan group investigation terhadap keaktifan tinggi siswa, (5) tidak terdapat pengaruh yang signifikan think pair share terhadap kemampuan pemahaman konsep rendah siswa, (6) terdapat pengaruh yang signifikan think pair share terhadap kemampuan pemahaman konsep tinggi siswa, (7) tidak terdapat pengaruh signifikan think pair share terhadap keaktifan rendah siswa, dan (8) terdapat pengaruh signifikan think pair share terhadap keaktifan tinggi siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: group investigation (GI), think pair share (TPS), pemahaman konsep dan keaktifan.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 25 Sep 2018 04:01
Last Modified: 09 May 2019 09:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60122

Actions (login required)

View Item View Item