Motivasi, Kendala, dan Strategi Pelaksanaan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Guru Matematika SMA di Kabupaten Bantul

Anitasari, Erni (2018) Motivasi, Kendala, dan Strategi Pelaksanaan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Guru Matematika SMA di Kabupaten Bantul. S2 thesis, UNY.

[img] Text
Tesis_Erni Anitasari_16709251007-compressed.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) pelaksanaan PKB, 2) motivasi pelaksanaan PKB, 3) kendala pelaksanaan PKB, dan 4) strategi pelaksanaan PKB guru matematika SMA di Kabupaten Bantul. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif menggunakan metode campuran (mixed method). Desain penelitian ini adalah sequential explanatory design. Subjek dalam penelitian ini adalah 73 guru matematika SMA di Kabupaten Bantul yang berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS). Guru tersebut terbagi dalam golongan kepegawaian III/c, III/d, IV/a, dan IV/b. Data dikumpulkan melalui angket, observasi dokumen, dan wawancara. Teknis analisis data yang digunakan yaitu analisis data deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pelaksanaan PKB guru matematika SMA di Kabupaten Bantul berada pada kategori sangat kurang (30%) dengan rincian aspek pengembangan diri pada kategori kurang (41%), aspek publikasi ilmiah pada kategori sangat kurang (9%), dan aspek karya inovatif pada kategori sangat kurang (39%); 2) motivasi pelaksanaan PKB berada pada kategori sedang; 3) kendala yang banyak dialami guru adalah kurangnya manajemen waktu yang baik, ketidaksesuaian waktu dan tempat pelaksanaan kegiatan, kurang mengikuti pelatihan, dan belum memiliki kemauan diri untuk melaksanakan kegiatan PKB; 4) strategi yang banyak dilakukan oleh guru agar dapat melaksanakan PKB adalah berusaha mengatur waktu, menetapkan target, aktif mencari informasi, dan banyak membaca referensi. Kata kunci: Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB), motivasi, kendala, strategi.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Date Deposited: 21 Sep 2018 03:51
Last Modified: 08 May 2019 03:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60024

Actions (login required)

View Item View Item