Pengaruh Model Course Review Horay Berbasis Pendekatan Saintifik terhadap Kemampuan Berpikir Analitis dan Kerjasama pada IPA Siswa Kelas IV SD.

Rahmawati, Faninda Fitri (2018) Pengaruh Model Course Review Horay Berbasis Pendekatan Saintifik terhadap Kemampuan Berpikir Analitis dan Kerjasama pada IPA Siswa Kelas IV SD. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-faninda-fitri-rahmawati-16712251007.swf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh model Course Review Horay berbasis Pendekatan Saintifik terhadap: (1) kemampuan berpikir analitis pada IPA siswa SD, (2) kerjasama pada IPA siswa SD, dan (3) kemampuan berpikir analitis dan kerjasama pada IPA siswa SD. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan pretest- posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Se-Gugus I Panjatan Kulonprogo tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 8 kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa SDN Panjatan sebagai kelas eksperimen dan siswa SDN Kembang Malang sebagai kelas kontrol, yang ditentukan menggunakan teknik cluster random sampling. Data dikumpulkan menggunakan tes tertulis dan observasi yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya, dan dianalisis menggunakan independent sample t-test dan Manova dengan rumus Hotteling`s Trace dengan taraf signifikansi 5% yang pengujiannya menggunakan bantuan program SPSS versi 20.0. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan model Course Review Horay berbasis pendekatan saintifik terhadap kemampuan berpikir analitis pada IPA siswa dengan nilai signifikansi 0,016 (independent t-test pada taraf signifikansi 0,05) (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan model Course Review Horay berbasis pendekatan saintifik terhadap kerjasama dengan nilai signifikansi 0,021 (independent t-test pada taraf signifikansi 0,05), dan (3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan model Course Review Horay berbasis pendekatan saintifik terhadap kemampuan berpikir analitis dan kerjasama dengan nilai signifikansi 0,042 (Manova Hotteling`s Trace pada taraf signifikansi 0,05).

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Course Review Horay, kemampuan berpikir analitis, kerjasama
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 21 Sep 2018 02:38
Last Modified: 09 May 2019 09:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60019

Actions (login required)

View Item View Item