PENGARUH KEAKTIFAN SISWA DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SEKOLAH DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PENGURUS ORGANISASI EKSTRAKURIKULER SMK NEGERI 2 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012

MUHAMMAD HARIZKA, RAHMANTO (2012) PENGARUH KEAKTIFAN SISWA DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SEKOLAH DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PENGURUS ORGANISASI EKSTRAKURIKULER SMK NEGERI 2 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
THE_EFFECT_OF_STUDENT_PARTICIPATION_IN_SCHOOL_EXTRACURRICULAR_ACTIVITY_AND_STUDENT_LEARNING_MOTIVATION_TOWARD_STUDENT_LEARNING_ACHIEVEMENT_AS_EXTRACURRICULAR_ORGANIZATION_MANAGER_IN_SMKN_2_DEPOK_SLEMAN_YOGYAKARTA_ACADEM.pdf

Download (12kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Keaktifan Siswa dalam Kegiatan Ekstrakurikuler di Sekolah terhadap Prestasi Belajar Siswa Pegurus Organisasi Ekstrakurikuler, pengaruh Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Pegurus Organisasi Ekstrakurikuler; pengaruh Keaktifan Siswa dalam Kegiatan Ekstrakurikuler di Sekolah dan Motivasi Belajar Siswa secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Pegurus Organisasi Ekstrakurikuler. Penelitian ini merupakan penelitian Ex-post Facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan adalah Siswa Pegurus Organisasi Ekstrakurikuler di SMKN 2 Depok Sleman Yogyakarta. Pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Metode angket digunakan untuk mengumpulkan data variabel Keaktifan Siswa dalam Kegiatan Ekstrakurikuler di Sekolah dan Motivasi Belajar Siswa yang kemudian diuji validitas dan reliabilitasnya. Metode dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data tentang Prestasi Belajar Siswa Pegurus Organisasi Ekstrakurikuler. Uji validitas instrumen menggunakan korelasi Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Uji persyaratan analisis data menggunakan uji normalitas data, uji linieritas dan multikolinieritas. Pengujian hipotesis pertama dan kedua menggunakan korelasi Product Moment, sedangkan untuk pengujian hipotesis ke tiga menggunakan regresi linier ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tidak Terdapat pengaruh positif dan signifikan Keaktifan Siswa Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler terhadap Prestasi Belajar Siswa Pengurus Organisasi Ekstrakurikuler. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien korelasi (rx1y) sebesar (-0.066), p-value 0.561 > 0.05, koefisien determinan (r2x1y) sebesar 0.0043, thitung sebesar (-0.584) lebih kecil dari ttabel sebesar 1.991; (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Motivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Siswa Pengurus Organisasi Ekstrakurikuler. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien korelasi (rx2y) sebesar 0.309, p-value 0.005 < 0.05, koefisien determinan (r2x2y) sebesar 0.095, thitung sebesar 2.870 lebih besar dari ttabel sebesar 1.991; (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Keaktifan Siswa Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Siswa Pengurus Organisasi Ekstrakurikuler. Hal tersebut ditunjukkandari harga Fhitung sebesar 4,534 lebih besar dari Ftabel sebesar 3,115 atau probabilitas 0,014. Dengan koefisien determinan sebesar (R2x1,2y) sebesar 0.105 ini berarti bahwa 10.5% sumbangan Prestasi Belajar Siswa ditentukan dari Keaktifan Siswa Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler dan Motivasi Belajar Siswa. Keaktifan Siswa Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler memberikan sumbangan efektif 0.65% dan Motivasi Belajar Siswa memberikan sumbangan efektif 9.85%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Users 1141 not found.
Date Deposited: 19 Sep 2012 11:14
Last Modified: 29 Jan 2019 16:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/5984

Actions (login required)

View Item View Item