Pengaruh Buku Cerita Bergambar Berbasis Scientific Approach dengan Metode Inkuiri terhadap Pemahaman Konsep dan Keterampilan Inferensi IPA Siswa Kelas V SD

Atikoh, Nur (2018) Pengaruh Buku Cerita Bergambar Berbasis Scientific Approach dengan Metode Inkuiri terhadap Pemahaman Konsep dan Keterampilan Inferensi IPA Siswa Kelas V SD. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-nur-atikoh-16712251050.swf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan buku cerita bergambar berbasis scientific approach dengan metode inkuiri terhadap: 1) pemahaman konsep, 2) keterampilan inferensi, 3) pemahaman konsep dan keterampilan inferensi IPA secara bersama-sama. Penelitian ini merupakan jenis eksperimen semu desain nonequivalent pretest and posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD negeri di Kabupaten Bantul. Sampel penelitian ini berjumlah 70 siswa, terdiri dari 23 siswa kelas V di SDN Banyakan sebagai kelas eksperimen I; 23 siswa kelas V di SDN Ngablak sebagai kelas eksperimen II; dan 24 siswa kelas V di SDN Karanggayam sebagai kelas eksperimen III. Pengumpulan data terdiri dari tes pemahaman konsep berupa pilihan ganda dan tes keterampilan inferensi berupa uraian. Validasi yang digunakan berupa validasi konten melalui expert judgment dan validasi empirik melalui uji validitas. Hasil validasi menunjukkan instrumen bersifat valid dan reliable. Teknik analisis yang digunakan ialah analisis uji paired-samples t-test untuk melihat perbedaan sebelum dan sesudah perlakuan, MANOVA untuk melihat pengaruh penggunaan buku, dan perhitungan effect size untuk melihat seberapa besar pengaruh buku cerita bergambar berbasis scientific approach dengan metode inkuiri. Hasil analisis uji paired sample t-test menunjukkan nilai pemahaman konsep dan keterampilan inferensi sebesar Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05. Sementara itu, hasil uji MANOVA pemahaman konsep diperoleh nilai sebesar Sig. (0,003) < α dan keterampilan inferensi sebesar Sig. (0,001) < α. Selanjutnya, perhitungan effect size untuk pemahaman konsep sebesar 0,16 dan keterampilan inferensi sebesar 0,18. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penggunaan buku cerita bergambar berbasis scientific approach dengan metode inkuiri berpengaruh terhadap: (1) pemahaman konsep, (2) keterampilan inferensi, (3) pemahaman konsep dan keterampilan Inferensi siswa secara bersama-sama.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: cerita bergambar, scientific approach, inkuiri, pemahaman konsep, keterampilan inferensi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Sep 2018 06:57
Last Modified: 09 May 2019 09:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59755

Actions (login required)

View Item View Item