PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA, MINAT BELAJAR DAN PERSEPSI SISWA PADA METODE MENGAJAR GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI DASAR SISWA JURUSAN AKUNTANSI SMK ABDI NEGARA MUNTILAN TAHUN AJARAN 2017/2018

Palupi, Hanung Nawang (2018) PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA, MINAT BELAJAR DAN PERSEPSI SISWA PADA METODE MENGAJAR GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI DASAR SISWA JURUSAN AKUNTANSI SMK ABDI NEGARA MUNTILAN TAHUN AJARAN 2017/2018. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
Abstrak_Hanung Nawang Palupi_14803241008.pdf

Download (163kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: 1) Lingkungan Keluarga terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar siswa jurusan Akuntansi SMK Abdi Negara Muntilan tahun ajaran 2017/2018. 2) Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar siswa jurusan Akuntansi SMK Abdi Negara Muntilan tahun ajaran 2017/2018.3) Persepsi Siswa pada Metode Mengajar Guru terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar siswa jurusan Akuntansi SMK Abdi Negara Muntilan tahun ajaran 2017/2018. 4) Lingkungan Keluarga, Minat Belajar, dan Persepsi Siswa pada Metode Mengajar Guru terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar siswa jurusan Akuntansi SMK Abdi Negara Muntilan tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan jenis penelitian ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa jurusan Akuntansi SMK Abdi Negara Muntilan tahun ajaran 2017/2018 sebanyak 70 siswa. Data dikumpulkan dengan metode angket dan metode dokumentasi. Uji prasyarat analisis data meliputi uji linearitas dan uji multikolinearitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Lingkungan Keluarga berpengaruh positif terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar yang ditunjukkan dengan nilai rx1y=0,651, r2x1y=0,424, persamaan regresi Y= 37,949 + 1,075X1. 2) Minat Belajar berpengaruh positif terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar yang ditunjukkan dengan nilai rx2y=0,356, r2x2y=0,127, persamaan regresi Y= 55,088 + 0,361X2. 3) Persepsi Siswa pada Metode Mengajar Guru berpengaruh positif terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar yang ditunjukkan dengan nilai rx3y=0,744, r2x3y=0,544, persamaan regresi Y= 4,024 + 0,977X3. 4) Lingkungan Keluarga, Minat Belajar, Persepsi Siswa pada Metode Mengajar Guru secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar yang ditunjukkan dengan nilai Ry(1,2,3)=0,789, R2y(1,2,3)= 0,622, persamaan garis regresi Y= 1,075X1 + 0,361X2 + 0,977X3 – 1,336. Nilai SR X1=20,51%, X2=12,49%, X3=67,00% sedangkan Sumbangan Efektif X1=12,76%, X2=7,77% , X3=41,68% dan total Sumbangaan Efektif yaitu 62,21%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar Akuntansi Dasar , Lingkungan Keluarga, Minat Belajar, Persepsi Siswa pada Metode Mengajar Guru
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 12 Sep 2018 05:54
Last Modified: 30 Jan 2019 17:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59743

Actions (login required)

View Item View Item