Pengaruh Buku Cerita Bergambar Berbasis Scientific Approach dengan Metode PjBL terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Berkomunikasi Siswa

Nyihana, Ermaniatu (2018) Pengaruh Buku Cerita Bergambar Berbasis Scientific Approach dengan Metode PjBL terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Berkomunikasi Siswa. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ermaniatu-nyihana-16712251016.swf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh buku cerita bergambar berbasis scientific approach dengan metode PjBL terhadap kemampuan berpikir kritis dan berkomunikasi siswa dan (2) perbedaan pengaruh buku cerita bergambar berbasis scientific approach dengan metode PjBL, Bupena dan buku K13 terhadap kemampuan berpikir kritis dan berkomunikasi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan menggunakan non equivalent control-group design. Penentuan populasi dan sampel berdasarkan teknik non-probability sampling-sampling purposive. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa sekolah dasar kelas II di SDN Percobaan 4, SDN Wates 4 dan SDN Bendungan 4. Sampel penelitian ini adalah pada kelas II yang diambil secara acak dari kelas II dari ketiga sekolah tersebut, dengan rincian sebagai berikut: SDN Percobaan 4 menggunakan buku cerita bergambar berbasis scientific approach dengan metode PjBL, SDN Wates 4 menggunakan buku Bupena dan SDN Bendungan 4 menggunakan buku Kurikulum 2013. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes kemampuan berpikir kritis dan instrumen lembar observasi berkomunikasi. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan uji multivariate, uji univariat, uji t dan uji korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) buku cerita bergambar berbasis scientific approach dengan metode PjBL berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis dan berkomunikasi siswa dibuktikan dengan hasil nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (Sig.= 0,000) yang bermakna bahwa terdapat perbedaan rata-rata berpikir kritis dan berkomunikasi siswa yang menggunakan buku cerita bergambar dan (2) buku cerita bergambar berbasis scientific approach dengan metode PjBL, Bupena dan buku K13 mempunyai perbedaan pengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis dan berkomunikasi siswa yang ditunjukkan ditunjukkan dengan nilai signifikansi 0,000 (Sig.= <0,05).

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: buku cerita bergambar, scientific approach, PjBL, berpikir kritis, berkomunikasi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 31 Aug 2018 02:58
Last Modified: 09 May 2019 08:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59420

Actions (login required)

View Item View Item