Pengembangan Buku Panduan Kegiatan Personal Hygiene Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru dalam Pembelajaran Kebersihan Diri

Afriyanti, Nurul (2018) Pengembangan Buku Panduan Kegiatan Personal Hygiene Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru dalam Pembelajaran Kebersihan Diri. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-nurul-afriyanti-16717251002.swf

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) memperoleh informasi analisis kebutuhan apa saja yang dapat mendukung pengembangan buku panduan kegiatan personal hygiene untuk meningkatkan kompetensi professional guru dalam pembelajaran kebersihan diri, (2) menghasilkan produk buku panduan kegiatan personal hygiene untuk meningkatkan kompetensi professional guru dalam pembelajaran kebersihan diri yang tervalidasi, dan (3) mengetahui efektivitas buku panduan kegiatan personal hygiene untuk meningkatkan kompetensi professional guru dalam pembelajaran kebersihan diri. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini diadopsi dari Borg and Gall yang terdiri dari dari sembilan tahapan. Subyek uji coba produk berjumlah 55 guru di 17 TK di Kecamatan Sleman. Pengumpulan data dilakukan menggunakan pedoman wawancara untuk studi pendahuluan dan angket untuk menilai kelayakan produk. Teknik analisis data menggunakan uji Sign-rank Wilcoxon untuk uji lapangan terbatas dan uji Paired-sample T Test untuk uji lapangan luas dengan taraf signifikasi 0,05. Kesimpulan penelitian ini adalah: (1) guru membutuhkan bahan ajar yang tepat untuk membelajarkan kebersihan diri pada anak (2) buku panduan kegiatan personal hygiene dinyatakan layak oleh ahli media dengan skor sebesar 350 atau dalam kategori “sangat baik”, ahli materi dengan skor 144 atau dalam kategori “sangat baik”, dan respon guru dengan skor 23,6 atau dalam kategori “baik”, dan (3) terdapat perbedaan yang signifikan antara kompetensi professional guru dalam pembelajaran kebersihan sebelum dan sesudah menggunakan buku panduan yakni 0,01 pada uji lapangan terbatas dan 0,00 pada uji luas. Hasil penelitian dan pengembangan produk buku panduan ini dapat digunakan sebagai bahan ajar ketika guru membelajarkan anak mengenai kebersihan diri. Selain itu, penelitian ini dapat menjadi salah satu referensi ketika ada penelitian yang sejenis dengan memperhatikan beberapa keterbatasan yang ada terutama dalam pengambilan sampel

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: model pengembangan, buku panduan, personal hygiene, guru TK, kompetensi profesional
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Anak Usia Dini
Date Deposited: 29 Aug 2018 02:24
Last Modified: 08 May 2019 06:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59252

Actions (login required)

View Item View Item