Suryanto (1997) Kemampuan Menalar Silogistik Mahasiswa Pendidikan Matematika FPMIPA, IKIP YOGYAKARTA. [Experiment/Research]
Text
Kemampuan_Menalar_Silogistik_Mahasiswa_Pendidikan_Matematika.doc Download (29kB) |
Abstract
IKIP Yogyakarta, ada mata kuliah Pengantar Dasar Matematika (PDM), yang pokok bahasan utamanya adalah Teori Himpunan dan Logika Matematik, tetapi tidak memuat pokok bahasan Pernyataan dan Silogisme Kategoris. Dalam Teori Himpunan dibahas pengertian diagram Venn. Diagram Venn dapat digunakan untuk menentukan validitas silogisme kategoris. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang tingkat kemampuan menalar silogistik mahasiswa Pendidikan Matematika, FPMIPA, IKIP Yogyakarta, dan mencat"i. ada-tidaknya korelasi antara kemampuan itu dan prestasi belajar mahasiswa yang bersangkutan untuk mata kuliah PDM. Populasi penelitian ialah semua mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika, FPMIPA, IKIP Yogyakarta, yang telah mengikuti kul i.3h PDM secara penuh. UYJ,tukmengetahui kemampuan menalar silogistik itu, sampel yang terdiri atas 57 mahasiswa dari dua angkatan (~994 dan 1995) diberi tes untuk menentukan validitas (valid-tidaknya) 256 silogisme kategoris bentuk baku, dengan term subjek, term menengahi dan term predikat, berturut-Lurut, "fungsi SIt, "fungsi M", dan "fungsi P", tconpa ada penjelasan tentang hakikat atau sifat fungsi-fungsi. tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan menalar silogistik mahasiswa Pendidikan Matematika belurn tinggi. Untuk kesel uruhan rnahasiwa .Jurusan Pendidikan Maternatika, FPMIPA, IKIP Yogyakarta, da1am ska]a nilai 0-10, nilai rata-rata kernampuan rnenalar silogistik tidak lebih tinggi dari 6,00. (p* > 0,25). (2) Pada keseluruhan rnahasiswa, tidak ada korelasi antara kernampuan rnenalar silogistik dan prestasi belajar Pl='nga.nt~r. Dasar Maternatika. (p* > 0,05). -
Item Type: | Experiment/Research |
---|---|
Subjects: | LPPM |
Divisions: | LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat |
Date Deposited: | 17 Sep 2012 10:42 |
Last Modified: | 02 Oct 2019 02:16 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/5832 |
Actions (login required)
View Item |