Jati, Ratna Latifah (2018) Pengembangan Multimedia Interaktif Berbantuan Adobe Flash CS6 pada Materi FPB dan KPK untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep, Prestasi Belajar Kognitif, dan Minat Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Padokan. S2 thesis, UNY.
Text
tesis-ratna-latifah-jati-15712251053.swf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan multimedia interaktif berbantuan Adobe Flash CS6 yang layak untuk meningkatkan pemahaman konsep, prestasi belajar kognitif, dan minat belajar siswa, (2) mengetahui kelayakan produk berdasarkan kriteria valid, praktis, dan efektif. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Desain pengembangan tersebut terdiri dari 5 langkah, yaitu: (1) Analysis, (2) Design, (3) Development, (4) Implementation, dan (5) Evaluations. Subjek penelitian ini adalah siswa dan guru kelas IV SD Negeri 2 Padokan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket validasi produk, soal tes pemahaman konsep, soal tes prestasi belajar kognitif, pedoman observasi minat belajar, angket minat belajar, serta skala respon guru dan siswa. Analisis data kevalidan produk dilakukan dengan cara mengkonversi skor hasil penilaian ahli materi dan media menjadi data kualitatif dengan skala lima. Multimedia dikatakan valid jika hasil penilaian ahli materi dan ahli media mendapat kategori minimal “baik”. Multimedia dikatakan praktis jika hasil respon guru dan siswa mendapat kategori minimal “baik”. Selanjutnya multimedia interaktif dapat dikatakan efektif, jika: (1) proporsi siswa yang mencapai nilai KKM pada tes pemahaman konsep minimal 75%; (2) proporsi siswa yang mencapai nilai KKM pada tes prestasi belajar kognitif minimal 75%; dan (3) proporsi siswa yang mencapai skor minat belajar kategori tinggi minimal 75%. Hasil penelitian ini berupa multimedia interaktif berbantuan Adobe Flash CS6 yang dikemas dalam bentuk CD. Produk multimedia interaktif yang dikembangkan tersebut layak digunakan berdasarkan tiga kriteria: 1) valid, dengan nilai kategori “sangat baik” berdasarkan penilaian ahli media dan kategori “baik” berdasarkan penilaian ahli materi; 2) praktis, hal ini ditunjukkan dengan hasil respon guru yang masuk kategori “sangat baik” dan respon siswa yang juga masuk kategori “sangat baik”; 3) efektif, dilihat dari hasil implementasi yang menunjukkan 100% siswa mencapai KKM untuk tes pemahaman konsep akhir, 93,10 % siswa mencapai batas KKM di tes prestasi belajar kognitif akhir, dan 100% siswa memiliki minat belajar kategori tinggi. Dengan demikian multimedia interaktif berbantuan Adobe Flash CS6 yang dikembangkan tersebut layak digunakan sebagai media pembelajaran.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | multimedia interaktif, Adobe Flash CS6, pemahaman konsep, prestasi belajar kognitif, minat belajar |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 07 Aug 2018 02:34 |
Last Modified: | 09 May 2019 08:53 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58209 |
Actions (login required)
View Item |