Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Student Teams Achievement Division (STAD) dan Variasi Pengaturan Tempat Duduk terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Se-Gugus Ahmad Yani Kejobong Purbalingga

Ikranagara, Pramudya (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Student Teams Achievement Division (STAD) dan Variasi Pengaturan Tempat Duduk terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Se-Gugus Ahmad Yani Kejobong Purbalingga. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-pramudya-ikranagara-15712251024.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbedaan pengaruh model pembelajaran STAD dan variasi pengaturan tempat duduk terhadap motivasi dan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Se-Gugus Ahmad Yani Kejobong Purbalingga. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi-experimental research) dengan rancangan pretest-posttest nonequivalent group desain. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Se-Gugus Ahmad Yani Kejobong Purbalingga. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas V SD Negeri 2 Langgar yang menggunakan model pembelajaran STAD, siswa kelas V SD Negeri 2 Kedarpan yang menggunakan variasi pengaturan tempat duduk, dan siswa kelas V SD Negeri 1 Nangkod yang menggunakan pembelajaran konvensional. Ketiga kelas ini masing-masing mempunyai siswa sebanyak 22 siswa di kelas V SD Negeri 2 Langgar, 22 siswa di kelas V SD Negeri 2 Kedarpan dan 22 siswa di kelas V SD Negeri 1 Nangkod. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data motivasi belajar adalah angket motivasi dan data hasil belajar digunakan tes. Data instrumen motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS dianalisis dengan menggunakan analisis statistik uji multivariat. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. 1) Pembelajaran IPS dengan model STAD dan variasi pengaturan tempat duduk lebih berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa dibandingkan dengan pembelajaran IPS dengan model kovensional, dengan p = 0,000. 2) Pembelajaran IPS dengan model STAD dan variasi pengaturan tempat duduk lebih berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dibandingkan dengan pembelajaran IPS dengan model konvensional, dengan p = 0,000.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: STAD, variasi pengaturan tempat duduk, motivasi belajar, dan hasil belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 07 Aug 2018 02:18
Last Modified: 09 May 2019 08:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58207

Actions (login required)

View Item View Item