Pengembangan Materi Pembelajaran Bahasa Inggris bagi Mahasiswa Keperawatan Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta.

Ilmi, Annisa Nurul (2017) Pengembangan Materi Pembelajaran Bahasa Inggris bagi Mahasiswa Keperawatan Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-annisa-nurul-ilmi-13706251040.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Abstract

Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah kurangnya materi pembelajaran Bahasa Inggris untuk mahasiswa keperawatan Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan siswa tersebut. Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan serangkain materi ajar Bahasa Inggris untuk mahasiswa keperawatan Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta. Penelitian pengembangan ini mengacu model yang dikembangkan oleh Borg dan Gall. Desain pengembangan ini dikelompokkan atas tiga prosedur: (1) perencanaan, meliputi analisis kebutuhan dan studi pustaka; (2) pengembangan, meliputi pengembangan silabus, rencana pembelajaran, draft awal materi, media pembelajaran, rencanaan penilaian formatif dan summatif; dan (3) penilaian, meliputi pelaksanaan penilaian formatif dan summatif dan revisi. Penelitian pengembangan ini melibatkan 27 peserta yang terdiri dari 23 mahasiswa keperawatan, 2 kolaborator, dan 2 dosen yang merupakan ahli pembelajaran bahasa dan ahli isi. Pengumpulan data menggunakan angket, pedoman wawancara, lembar observasi, dan catatan lapangan. Data dianalisis scara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebutuhan mahasiswa keperawatan dalam proses pembelajaran bahasa Inggris berhubungan dengan media, bahasa pengantar di kelas, penugasan, peran dosen dan mahasiswa, seting kelas, kegiatan pembelajaran, kegunaan bahasa Inggris bagi karir mahasiswa dimasa yang akan datang, tujuan mahasiswa belajar bahasa Inggris, ruang lingkup penggunaan bahasa Inggris, tema pembelajaran, input teks, kemampuan bahasa Inggris mahasiswa, pengetahuan budaya barat, kelayakan buku bahasa Inggris yang digunakan, kemampuan bahasa Inggris yang ingin ditingkatkan, dan tampilan materi. Unit-unit yang dikembangkan adalah Peralatan Kesehatan, Bagian-bagian Tubuh dan Masalah Kesehatan, dan Pengecekan Kesehatan. Materi yang dikembangkan berkategori sangat baik menurut ahli pembelajaran bahasa dan ahli isi pada penilaian formatif dan menurut mahasiswa keperawatan pada penilaian summatif. Nilai rata-rata materi yang dikembangkan dari segi pembelajaran bahasa adalah 3.95 dan dari segi isi 3.63. Nilai rata-rata dari setiap unit yang dikembangkan adalah 3.43, 3.44, dan 3.33. Nilai rata-rata tersebut menunjukkan bahwa materi yang dikembangkan cocok untuk digunakan pada proses pembelajaran karena memenuhi kebutuhan dan minat mahasiswa. Kata Kunci: mengembangkan, materi pembelajaran, mahasiswa keperawatan, unit

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Linguistik Terapan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 02 Aug 2018 02:22
Last Modified: 07 Nov 2022 04:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58040

Actions (login required)

View Item View Item