Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Integratif Berbasis Lingkungan untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Keterampilan Menulis Deskripsi Siswa Kelas IV SD

Lestari, Dyah Puji (2018) Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Integratif Berbasis Lingkungan untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Keterampilan Menulis Deskripsi Siswa Kelas IV SD. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-dyah-puji-lestari -14712251073.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran tematik integratif berbasis lingkungan yang layak untuk meningkatkan motivasi belajar dan keterampilan menulis deskripsi siswa Kelas IV SD dan mengetahui efektivitas modul pembelajaran tematik berbasis lingkungan terhadap motivasi belajar dan keterampilan menulis deskripsi siswa Kelas IV SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D). Prosedur pengembangan dalam penelitian ini mengadaptasi prosedur pengembangan Borg & Gall yang terdiri dari 10 langkah, yaitu: (1) studi pendahuluan, (2) perencanaan, (3) pengembangan desain produk, (4) uji coba awal, (5) revisi hasil uji coba awal, (6) uji coba utama, (7) revisi hasil uji coba utama, (8) uji coba operasional, (9) revisi produk akhir, dan (10) diseminasi dan implementasi. Subjek penelitian adalah siswa dan guru kelas IV SD Negeri Ngablak dan SD Negeri Banyakan, Piyungan. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen wawancara dan observasi, validasi produk, angket respon guru dan siswa, angket motivasi belajar, dan tes keterampilan menulis deskripsi. Teknik analisis data menggunakan independent sample t-test dan paired sample t-test dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian ini, yaitu modul pembelajaran tematik integratif berbasis lingkungan yang layak dan efektif untuk meningkatkan motivasi belajar dan keterampilan menulis deskripsi siswa Kelas IV SD. Simpulan tersebut didasarkan pada (1) hasil validasi oleh ahli materi dengan nilai “B” yaitu kategori “baik” dan ahli media, dengan nilai “A” dan kategori “sangat baik”, (2) hasil respon siswa dan guru, dengan nilai “A” dan kategori “sangat baik”, dan (3) hasil uji efektivitas menggunakan independent sample t-test dan paired sample t-test pada motivasi belajar dan keterampilan menulis deksripsi siswa dengan hasil nilai p < 0,05. Hal ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan modul pembelajaran tematik integratif berbasis lingkungan dan siswa yang tidak menggunakan modul pembelajaran terhadap motivasi belajar dan keterampilan menulis deskripsi.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: modul pembelajaran, tematik integratif, lingkungan, motivasi belajar, keterampilan menulis deskripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 28 Jun 2018 01:54
Last Modified: 09 May 2019 08:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57483

Actions (login required)

View Item View Item