PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS III SD NEGERI BANTUL MANUNGGAL TAHUN AJARAN 2011/2012

Desiyanto, Muchtarom (2012) PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS III SD NEGERI BANTUL MANUNGGAL TAHUN AJARAN 2011/2012. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Muchtarom Desiyanto.pdf

Download (86kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan multimedia pembelajaran terhadap hasil belajar siswa kelas III SD Negeri Bantul Manunggal dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian ekperimen dengan jenis kuasi eksperimen. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri Bantul Manunggal yang beralamat di Jalan Gatot Subroto, Mandingan, Ringinharjo, Bantul, Yogyakarta dengan banyak siswa 44 orang. Kemudian diambil kelas IIIB sebagai kelompok eksperimen dan kelas IIIA sebagai kelompok kontrol. Banyak subjek setiap kelompok tersebut 22 siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2011/2012, yakni pada bulan Februari 2012. Teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan tes dan observasi. Analisis data dalam penelitian ini adalah statistik inferensial. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan penggunaan multimedia pembelajaran terhadap hasil belajar IPA siswa kelas III SD Negeri Bantul Manunggal. Hal ini dibuktikan dari perbedaan nilai rerata tes akhir (post-test) kelas eksperimen sebesar 92,73, yang mengalami peningkatan 70% dari nilai rerata tes awal (pre-test) sebesar 54,55. Sedangkan nilai rerata tes akhir (post-test) kelas kontrol sebesar 84,91, yang mengalami peningkatan 57,7% dari nilai rerata tes awal (pre-test) sebesar 53,82. Selain itu, berdasarkan hasil uji-t pada post-test menunjukkan tempirik lebih dari tteoritik, yaitu 2,694 > 2,021 pada taraf signifikansi 5% (0,05), hal ini menunjukkan ada perbedaan secara signifikan hasil belajar IPA antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Didukung oleh hasil pengamatan, diperoleh fakta bahwa suasana pembelajaran dengan menggunakan multimedia pembelajaran menjadikan kelas kondusif untuk belajar dan siswa menjadi lebih bersemangat, mudah menangkap materi yang diberikan guru serta tertarik mengikuti proses pembelajaran. Kata kunci : multimedia pembelajaran, hasil belajar IPA.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 18 Sep 2012 10:43
Last Modified: 29 Jan 2019 16:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/5732

Actions (login required)

View Item View Item