Pengaruh Storyboard Technique dan Mind Mapping terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi dan Berpikir Kreatif Siswa Kelas IV SD di Kabupaten Temanggung

Hapsari, Lina (2018) Pengaruh Storyboard Technique dan Mind Mapping terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi dan Berpikir Kreatif Siswa Kelas IV SD di Kabupaten Temanggung. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-lina-hapsari-15712251010.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui perbedaan pengaruh storyboard technique, mind mapping, explicit instruction terhadap keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas IV SD, 2) mengetahui perbedaan pengaruh storyboard technique, mind mapping, explicit instruction terhadap berpikir kreatif siswa kelas IV SD. Penelitian ini merupakan quasi eksperiment dengan pretest-posttest nonequi-valent group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Piloting di Kabupaten Temanggung sebanyak 244 siswa. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Sampel penelitian terdiri dari (a) 35 siswa SDN 1 Jampiroso sebagai kelas eksperimen 1, (b) 32 siswa SDN Lungge sebagai kelas ekspeimen 2, (c) 34 siswa SDN 2 Jampiroso sebagai kelas kontrol. Kelas kontrol diberi perlakuan semu dengan explicit instruction. Instrumen pada penelitian ini adalah tes menulis karangan narasi yang dinilai dengan rubrik penilaian keterampilan menulis karangan narasi dan rubrik penilaian berpikir kreatif, dan angket berpikir kreatif siswa. Validasi instrumen diukur dengan product moment dan reliabilitas dihitung dengan rumus alpha cronbach’s. Teknik analisis data yang digunakan yaitu ANOVA dengan independent sample F-test. Uji lanjut posthoc dilakasanakan dengan scheffe, taraf signifikansi 0.05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) terdapat perbedaan pengaruh penggunaan storyboard technique, mind mapping dan explicit instruction terhadap keterampilan menulis karangan narasi siswa dengan signifikansi 0.000. 2) terdapat perbedaan pengaruh penggunaan storyboard technique, mind mapping dan explicit instruction terhadap berpikir kreatif siswa dengan signifikansi 0.000.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: storyboard technique, mind mapping, explicit instruction, keterampilan menulis karangan narasi, berpikir kreatif
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 24 May 2018 03:57
Last Modified: 09 May 2019 08:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57094

Actions (login required)

View Item View Item