IDENTIFIKASI PERILAKU ANAK TUNALARAS (ANAK AGRESIF) DI SEKOLAH INKLUSI SISWA KELAS I SD N BANGUNREJO 2 YOGYAKARTA

Nurhansari, Luxviana (2018) IDENTIFIKASI PERILAKU ANAK TUNALARAS (ANAK AGRESIF) DI SEKOLAH INKLUSI SISWA KELAS I SD N BANGUNREJO 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Luxviana Nurhansari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan secara detailproses dan hasil identifikasi perilaku agresif pada siswa tunalaras di kelas I SD N Bangunrejo 2 Yogyakarta. Subyek penelitian merupakan siswa tunalaras yang memiliki perilaku agresif di kelas I bernama IBP. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Metode pengumpulan data berupa observasi non partisiptif, wawancara mendalam, dokumentasi, dan catatatan lapangan. Teknik analisi data menggunakan model interaktif Miles & Huberman (Sugiyono, 2012: 92) meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajiandata, dan penarikan hasil kesimpulan. Pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengetahuan guru mengenai perilaku agresif belum mendalam. Perilaku agresif yang dilakukan oleh siswa tunalaras dengan bentuk fisik (non verbal) contohnya memukul, menendang, melempar, merusak, dan mendorong serta perilaku agresif dengan bentuk verbal contohnya mengeluarkan kata-kata kasar, megancam orang lain, mengomel dan berbicara sendiri, membantah orang lain, dan menangis. Perilaku agresif terjadi karena adanya gangguan dari pihak lain. Perilaku agresif yang dilakukan memberikan dampak negatif kepada siswa lain yaitu munculnya korban secara fisik, psikologi dan sosial, serta terganggunya pembelajaran di kelas akibat perilaku agresif yang muncul. Perilaku positif yang dimiliki siswa tetap membuat siswa dapat berteman dengan siswa lain meskipun sering melakukan perilaku agresif. Perilaku agresif belum ditanggapi dengan serius oleh guru. Kurangnya penanganan yang dilakukan oleh guru menjadikan perilaku agresif pada siswa tunalaras masih sering terjadi. Upaya pencegahan yang dilakukan belum sepenuhnya berhasil untuk mengurangi perilaku agresif yang dilakukan siswa tunalaras. Kata kunci: perilaku, tunalaras, agresif

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 23 May 2018 03:59
Last Modified: 30 Jan 2019 16:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57075

Actions (login required)

View Item View Item