Proses Pembelajaran dan Penilaian Matematika di SD Negeri Gunungsaren, SD Negeri Kentungan, dan SD Negeri Semanu III

Fatmawati, Fasiha (2018) Proses Pembelajaran dan Penilaian Matematika di SD Negeri Gunungsaren, SD Negeri Kentungan, dan SD Negeri Semanu III. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-fasiha-fatmawati-14712251019.swf

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) proses pembelajaran matematika kelas IV, (2) penilaian pembelajaran matematika kelas IV yang dilaksanakan, dan (3) faktor pendukung keberhasilan belajar di di SD N Gunungsaren, SD N Kentungan, dan SD N Semanu III. Jenis penelitian ini adalah studi kasus dengan unit analisis berupa pembelajaran dan penilaian di SD N Gunungsaren, SD N Kentungan, dan SD N Semanu III. Partisipan dalam penelitian ini adalah guru dan siswa dari ketiga sekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Teknik analisis yang digunakan yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil pengumpulan data, dapat diambil tiga kesimpulan. 1) Proses pembelajaran matematika dilaksanakan dengan melibatkan siswa secara aktif dalam kegiatan belajar. Guru SD N Gunungsaren menggunakan cooperative learning, guru SD N Kentungan menggunakan contextual learning, dan guru SD N Semanu III menggunakan discovery learning. Untuk meningkatkan kemampuan matematis siswa, guru di ketiga sekolah memberikan berbagai bentuk soal dan memberi jam tambahan pelajaran. 2) Penilaian pembelajaran matematika di ketiga sekolah dilakukan terhadap proses dan pembelajaran yang meliputi tiga aspek penilaian. Penilaian sikap dilakukan dengan observasi, penilaian pengetahuan dengan memberikan soal tes secara lisan dan tertulis, sedangkan penilaian keterampilan dengan penilaian produk dan proyek. Penilaian didukung dengan adanya penilaian diri sendiri dan teman sebaya. Hasil penilaian diikuti dengan pemberian feed back oleh guru. 3) Kunci keberhasilan pembelajaran di SD N Semanu III adalah ketersediaan sarana mengajar yang digunakan dengan baik, di SD N Kentungan didukung keterlibatan orangtua dengan memberi dukungan dan fasilitas belajar di rumah, dan di SD N Gunungsaren didukung kreativitas guru hasil dari pengembangan kompetensi guru melalui pelatihan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran matematika, penilaian matematika, fasilitas sekolah, keterlibatan orangtua, kreativitas guru
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 23 May 2018 03:36
Last Modified: 09 May 2019 08:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57073

Actions (login required)

View Item View Item