PENYESUAIAN DIRI ANAK TUNANETRA DI SEKOLAH (STUDI KASUS DI SMP EKAKAPTI KARANGMOJO DAN SLB BAKTIPUTRA NGAWIS)

Ginanjar, Rohmat (2017) PENYESUAIAN DIRI ANAK TUNANETRA DI SEKOLAH (STUDI KASUS DI SMP EKAKAPTI KARANGMOJO DAN SLB BAKTIPUTRA NGAWIS). S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Ginanjar Rohmat_12103241080.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan penyesuaian diri anak tunanetra di SMP Ekakapti Karangmojo dan SLB Bakti Putra Ngawis. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian ini adalah dua anak tunanetra yang berasal dari SMP Ekakapti Karangmojo dan SLB Bakti Putra Ngawis. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik dengan analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif model Males dan Hiberman, yaitu analisis data yang berupa kata-kata atau kalimat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk penyesuaian diri anak tunanetra di sekolah dapat berbeda satu anak dengan anak yang lain. Subjek penelitian HI memiliki penyesuaian diri positif di SMP Ekakapti Karangmojo sedangkan subjek penelitian DWS memiliki penyesuaian diri negatif di SLB Bakti Putra Ngawis.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 07 May 2018 07:43
Last Modified: 30 Jan 2019 16:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56925

Actions (login required)

View Item View Item