IDENTIFIKASI PERILAKU SOSIAL SISWA TUNALARAS DI SLB E PRAYUWANA YOGYAKARTA

Ganis, Ariffiani (2017) IDENTIFIKASI PERILAKU SOSIAL SISWA TUNALARAS DI SLB E PRAYUWANA YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Ganis Ariffiani_12103244037.pdf

Download (20MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi aspek-aspek kemampuan perilaku sosial siswa tunalaras di SLB E Prayuwana Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian yaitu empat anak tunalaras kelas dasar dua, tiga, dan enam di SLB E Prayuwana, dan guru kelas masing-masing sebagai informan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif-kualitatif. Hasil penelitian berupa identifikasi aspek-aspek kemampuan perilaku sosial anak tunalaras. Sebagian siswa tunalaras mampu menunjukkan perilaku sosial kerjasama dalam bentuk belajar bersama. Perilaku lainnya yaitu simpati, tidak mementingkan diri sendiri, berusaha menjadi yang terbaik, perilaku kelekatan, perilaku meniru, persaingan, hasrat penerimaan sosial, kemurahan hati, dan sikap ramah. Subyek NEP akan cepat emosi jika ada reaksi lingkungan yang menyangkut dengan dirinya. Namun NEP mampu menunjukkan perilaku kerjasama yang baik, perilaku ketergantungan, perilaku meniru, hasrat penerimaan sosial, simpati, kemurahan hati, dan sikap tidak mementingkan diri sendiri. Kemudian subyek RK dengan gangguan emosi dan perilaku dengan tipe agresif verbal dan fisik. Perilaku yang sering muncul pada RK adalah hiperaktif, subyek mampu menunjukkan kemampuan berperlaku kerjasama yang baik pula, persaingan, perilaku kelekatan, simpati, sikap ramah, dan sikap tidak mementingkan diri sendiri. Selanjutnya subyek AF, kontrol emosi yang dimiliki AF masih kurang, AF sering marah dan merasa benci. Namun subyek AF mampu menunjukan kemampuan bekerjasama dengan baik, sikap meniru, perilaku kelekatan, dan sikap tidak mementingkan diri sendiri. Terdapat satu subyek yang hanya dapat menunjukan sedikit perilaku sosialnya yaitu subyek AT, AT mudah sekali terprovokasi oleh temannya, seperti contoh saat temannya berperilaku buruk dengan menjahili temannya yang lain AT akan meniru perbuatan tersebut. Subyek AT hanya dapat menunjukkan 4 perilaku sosial saja yaitu meniru, kemurahan hati, sikap ramah, dan sikap tidak mementingakn diri sendiri.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 07 May 2018 07:24
Last Modified: 30 Jan 2019 16:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56921

Actions (login required)

View Item View Item