Novita, Desy Wulandari (2017) PENERAPAN POLA ASUH ORANG TUA DALAM MEMBANTU PENGEMBANGAN DIRI SISWA AUTIS DI SLB AUTISMA DIAN AMANAH YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
Novita Desy Wulandari_12103244027.pdf Download (21MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola asuh yang diterapkan orang tua dalam membantu pengembangan diri siswa autis di SLB Autisma Dian Amanah Yogyakarta. Selain itu, mendeskripsikan pola asuh yang diterapkan orang tua dan faktor apa yang menghambat orang tua dalam membantu pengembangan diri siswa.. Penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Subjek penelitian merupakan kedua keluarga (para orang tua) yang memiliki anak autis dengan kemampuan cukup baik dan masih tergolong kurang baik (memerlukan bantuan orang lain), serta informan yaitu dua guru masing-masing anak autis sebagai pendukung melengkapi informasi dalam penelitian ini. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Triangulasi data ini dilakukan bukan hanya untuk mengecek kebenaran data, melainkan dapat pula digunakan untuk melihat dengan lebih tajam hubungan antara berbagai data agar mencegah kesalahan dalam analisis data. Data-data yang diperoleh kemudian di analisis, data disajikan dengan menarik kesimpulan mengenai pemaknaan data yang terkumpul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuh orang tua yang diterapkan dalam membantu pengembangan diri siswa autis yaitu kedua keluarga mengarah pada pola asuh Authoritative. Orang tua membantu pengembangan diri anak autis di rumah dengan mengingatkan anak ketika anak mengalami kesulitan, orang tidak langsung mengambil alih pekerjaan anak, melainkan yang dilakukan orang tua memberikan pengarahan/instruksi kepada anak dan melibatkan anak dalam kegiatan sehari-hari di rumah sehingga anak tidak tergantung kepada orang lain. Faktor penghambat yang dialami orang tua dalam membantu kemampuan pengembangan diri anak autis ialah kesibukan orang tua dan kemampuan yang dimiliki anak serta mood anak, sehingga menghambat proses pengembangan diri anak autis.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | Admin Pendidikan Luar Biasa FIP |
Date Deposited: | 07 May 2018 07:16 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 16:25 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56920 |
Actions (login required)
View Item |