IMPLEMENTASI KEWIRAUSAHAAN PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN DI SEKOLAH LUAR BIASA WIYATA DHARMA 3 NGAGLIK SLEMAN YOGYAKARTA

Arif, Kusuma Nugraha (2014) IMPLEMENTASI KEWIRAUSAHAAN PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN DI SEKOLAH LUAR BIASA WIYATA DHARMA 3 NGAGLIK SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
10103241003_ARIF KUSUMA NUGRAHA.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kewirausahaan, mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi kewirausahaan, serta hasil dan dampak dari pelaksanaan kewirausahaan pada anak tunagrahita ringan di SLB Wiyata Dharma 3 Ngaglik, Sleman, Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan etnografi. Informan dalam penelitian adalah guru kewirausahaan yang mengimplementasikan kewirausahaan pada anak tunagrahita ringan dan kepala sekolah sebagai penanggungjawab program kegiatan. Penelitian dilakukan selama dua bulan. Medote pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data dengan menggunakan metode triangulasi. Adapun analisis data dengan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kewirausahaan pada anak tunagrahita ringan terdiri dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Tujuan implementasi kewirausahaan pada siswa tunagrahita ringan adalah memberikan pengalaman kerja pada siswa agar dapat terampil dan jika sudah lulus sekolah dapat bekerja dan mandiri. Pada tahap perencanaan meliputi : 1). program kegiatan berupa tataboga, menjahit dan pertukangan, 2). Perencanaan jadwal kegiatan, 3). penggunaan sarana prasarana. Tahap pelaksanaan, 1). praktek langsung sesuai materi kegiatan yang direncanakan dengan metode demonstrasi, praktek, dan drill, 2). kemampuan yang dilatih pada anak tunagrahita ringan meliputi kemampuan kerja/ vokasional, akademik fungsional, bina diri, sosial dan pemecahan masalah, 3). Pendampingan dan bimbingan dari guru. 4). Pemasaran produk hasil karya siswa. Tahap evaluasi dilakukan berdasarkan proses dan hasil kerja siswa pada saat praktek kewirausahaan (by product). Faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi kewirausahaan meliputi Pembinaan, faktor guru, orangtua, serta sarana prasarana. Hasil dari implementasi kewirausahaan berupa meningkatnya kemampuan siswa tunagrahita ringan pada bidang kewirausahaan yang ditekuni, siswa dapat mandiri, dan memiliki kemampuan berwirausaha. Dampak bagi siswa, dapat menghasilkan produk hasil karyanya sendiri yang memiliki nilai jual dan dapat menjadikan kewirausahaan sebagai bekal modal hidup dimasyarakat.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 03 May 2018 08:53
Last Modified: 30 Jan 2019 16:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56886

Actions (login required)

View Item View Item