Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Penguasaan Konsep IPA Siswa Kelas 5 SD Gugus 1 Tomohon Utara

Lotulung, Ronald (2017) Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Penguasaan Konsep IPA Siswa Kelas 5 SD Gugus 1 Tomohon Utara. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ronald.swf

Download (1MB)
[img] Text
tesis-ronald-lotulung-15712259026.swf

Download (760kB)
[img] Text
tesis-ronald-lotulung.swf

Download (1MB)
[img] Text
TESIS(3).swf

Download (730kB)
[img] Text
TESIS(4).swf

Download (608kB)
[img] Text
TESIS(5).swf

Download (581kB)
[img] Text
TESIS(6).swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh penggunaan model discovery learning terhadap kemampuan berpikir kreatif, (2) pengaruh penggunaan model discovery learning terhadap penguasaan konsep, dan (3) mengetahui perbedaan pengaruh penggunaan model discovery learning terhadap kemampuan berpikir kreatif dan penguasaan konsep IPA siswa SD kelas 5 Gugus 1 Tomohon Utara secara bersama-sama. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experimens) dengan rancangan pretest-postest control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Gugus 1 Tomohon Utara tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 7 kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling untuk mendapatkan 3 kelas sampel. Dua kelas sebagai kelas eksperimen dengan menerapkan model discovery learning, yaitu kelas V SD GMIM 2 Kakaskasen dan kelas Va SD GMIM 1 Kakaskasen, sedangkan satu kelas sebagai kelas kontrol, yaitu kelas Vb SD GMIM 1 Kakaskasen. Instrumen pengumpulan data kemampuan berpikir kreatif adalah tes bentuk uraian dan tes bentuk pilihan ganda untuk penguasaan konsep yang diperoleh dari pretest dan posttest. Validasi instrumen diukur dengan uji statistic Pearson correlation dan reliabilitas dihitung dengan rumus Alpha Cronbach’s. teknik analisis data yang digunakan, yaitu independent sample t-tes dan manova dengan taraf signifikansi 0.05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh penggunaan model discovery learning terhadap kemampuan berpikir kreatif, dengan nilai sign 0,000, (2) terdapat pengaruh penggunaan model discovery learning terhadap penguasaan konsep, dengan nilai sign 0,000, dan (3) terdapat perbedaan pengaruh penggunaan model discovery learning terhadap kemampuan berpikir kreatif dan penguasaan konsep secara bersama-sama, dengan nilai sign 0,000. Dengan demikian hasil penelitian menunjukkan bahwa model discovery learning lebih efektif digunakan dalam pembelajaran IPA dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan penguasaan konsep siswa kelas 5 SD Gugus 1 Tomohon Utara pada materi pesawat sederhana.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: discovery learning, kemampuan berpikir kreatif, penguasaan konsep
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 24 Apr 2018 07:53
Last Modified: 09 May 2019 08:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56756

Actions (login required)

View Item View Item