PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGHITUNG PENJUMLAHAN MELALUI ALAT BANTU KANTONG BILANGAN PADA SISWA LOW VISION KELAS II SLB A YAKETUNIS YOGYAKARTA

Adharu, Rizqy (2017) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGHITUNG PENJUMLAHAN MELALUI ALAT BANTU KANTONG BILANGAN PADA SISWA LOW VISION KELAS II SLB A YAKETUNIS YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Adharu Rizqy_13103241018.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menghitung siswa pada mata pelajaran matematika siswa low vision kelas II SLB A Yaketunis Yogyakarta melalui alat bantu kantong bilangan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di kelas II SLB A Yaketunis Yogyakarta. Subjek pada penelitian ini adalah seorang siswa low vision kelas II yaitu AL. Desain PTK menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart yang meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu tes hasil belajar, panduan observasi partisipasi siswa dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik deskriptif komparatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa alat bantu kantong bilangan dapat meningkatkan proses dan hasil belajar kemampuan menghitung penjumlahan pada siswa low vision kelas II SLB A Yaketunis Yogyakarta. Hal ini dapat dibuktikan adanya peningkatan pada siklus I sebesar 20% dari kemampuan awal 40 menjadi 60 dilakukan dengan tindakan menjelaskan konsep penjumlahan teknik menyimpan, menjelaskan penggunaan alat bantu kantong bilangan, dan mendemonstrasikan penggunaan alat bantu kantong bilangan. Siklus II adanya peningkatan sebesar 20% dari 60 menjadi 80 dilakukan perbaikan tindakan yaitu memberikan materi bimbingan yang belum dipahami oleh siswa, menambah latihan soal, mengkondisikan siswa untuk lebih focus, dan memberikan reward. Perbaikan proses pembelajaran, siswa tampak antusias dalam mempraktekkan alat bantu kantong bilangan, siswa aktif bertanya berkaitan dengan materi pembelajaran, dan terkadang siswa meminta untuk menambah mengerjakan soal dengan menggunaan alat bantu kantong bilangan. Hasil partisipasi siswa meningkat sebesar 32% dari 62% kategori cukup menjadi 94% kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 26 Feb 2018 01:59
Last Modified: 30 Jan 2019 16:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55776

Actions (login required)

View Item View Item