Gaya Pengasuhan dan Pengaruhnya Terhadap Prestasi dan Perilaku Siswa (Studi Pada Keluarga Sejahtera dan Keluarga Pra Sejahtera)

Ramadhani, Khairunisa (2018) Gaya Pengasuhan dan Pengaruhnya Terhadap Prestasi dan Perilaku Siswa (Studi Pada Keluarga Sejahtera dan Keluarga Pra Sejahtera). S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-khairunissa-ramadhani-15723251005.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui gaya pengasuhan yang diterapkan oleh orangtua kepada anak, (2) mengetahui pengaruh gaya pengasuhan terhadap prestasi belajar anak di keluarga sejahtera dan pra sejahtera, (3) mengetahui pengaruh gaya pengasuhan terhadap perilaku anak di keluarga sejahtera dan pra sejahtera, dan (4) mengetahui pengaruh gaya pengasuhan orangtua terhadap prestasi belajar anak dan perilaku anak di keluarga sejahtera dan pra sejahtera. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan metode penelitian ex post facto. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah dengan teknik simple random sampling. Penelitian ini dilakukan di empat sekolah yang terbagi atas dua sekolah yang ada di Kabupaten Sleman yakni SMP Pamungkas dan SMP Muhammadiyah 3 Mlati dan dua sekolah yang ada di Kota Yogyakarta yakni SMP N 4 Yogyakarta dan SMP N 15 Yogyakarta. Adapun subjek penelitian ini adalah siswa SMP yang duduk di bangku kelas VII dengan usia > 12 tahun. Terdapat dua sumber data pada penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Data primer dikumpulkan secara langsung dari responden penelitian dengan memberikan kuesioner untuk mengetahui pola asuh yang diberikan orangtua dan perilaku dari anak tersebut. Data sekunder pada penelitian ini didapat melalui dokumen berupa raport anak dan data KKS anak yang ada di SMP Pamungkas, SMP Muhammadiyah 3 Mlati, SMPN 15 Yogyakarta, dan SMPN 4 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini didapatkan dengan membagikan kuesioner pada responden dan pendekatan dengan wawancara kepada responden. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analis regresi linear ganda dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat tiga gaya pengasuhan yaitu otoriter, otoratif dan permisif, (2) terdapat pengaruh yang signifikan dari gaya pengasuhan terhadap prestasi anak pada keluarga sejahtera dan keluarga pra sejahtera dengan nilai signifikansi 0,000 < 0.005, (3) terdapat pengaruh yang signifikan dari gaya pengasuhan terhadap perilaku anak pada keluarga sejahtera dan keluarga pra sejahtera dengan nilai signifikansi 0,000 < 0.005, (4) terdapat pengaruh yang signifikan dari gaya pengasuhan terhadap prestasi dan perilaku anak pada keluarga sejahtera dan keluarga pra sejahtera dengan nilai signifikansi (0,003 < 0,05) dan (0,001 < 0,005). Kata Kunci: Gaya parenting, prestasi anak, perilaku anak

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 20 Feb 2018 07:38
Last Modified: 09 May 2019 08:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55692

Actions (login required)

View Item View Item