PENGEMBANGAN KOMIK DIGITAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ALAT-ALAT PEMBAYARAN INTERNASIONAL PADA MATERI PEREKONOMIAN TERBUKA

Furqon Hakim, Alfian (2018) PENGEMBANGAN KOMIK DIGITAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ALAT-ALAT PEMBAYARAN INTERNASIONAL PADA MATERI PEREKONOMIAN TERBUKA. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Alfian Furqon Hakim_12804241050.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengembangkan komik digital sebagai media pembelajaran peserta didik dalam memahami alat-alat pembayaran internasional pada materi perekonomian terbuka, (2) Mengetahui kelayakan komik digital sebagai media pembelajaran alat-alat pembayaran internasional pada materi perekonomian terbuka. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Model ADDIE terdiri dari lima tahap yaitu analyze (analisis), design (desain), develop (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi), namun hanya dilaksanakan hingga tahap keempat, yaitu implementasi. Validasi media dilakukan oleh ahli materi, ahli media, dan guru mata pelajaran ekonomi. Media yang dikembangkan diujicobakan kepada 31 siswa kelas XII IPS MAN 3 Kulon Progo. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kuantitatif. Hasil dari penelitian dan pengembangan yang dilakukan berupa media pembelajaran komik digital yang dapat diakses dari smartphone maupun komputer secara online. Media yang dikembangkan mendapatkan penilaian baik dari para ahli dengan rerata skor kelayakan sebesar 4,42 dalam skala 5 masuk pada kategori sangat layak. Dalam uji usabilitas, peserta didik turut memberikan respon positif dengan rerata skor keseluruhan sebesar 5,69 dalam skala 7 masuk pada kategori layak.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Komik Digital, Alat-alat Pembayaran Internasional
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Pendidikan > Aspek Pendidikan
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 06 Feb 2018 03:08
Last Modified: 30 Jan 2019 15:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55327

Actions (login required)

View Item View Item