Implementasi Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Sekolah Menengah Atas Negeri di Kabupaten Sleman

Bulan, Arif and Suryaman, Maman (2018) Implementasi Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Sekolah Menengah Atas Negeri di Kabupaten Sleman. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-arif bulan-15706259002 .pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kurikulum 2013 pada mata pelajaran bahasa Inggris Sekolah Menengah Atas Negeri di Kabupaten Sleman, yang meliputi: (1) implementasi kurikulum 2013 dalam perencanaan pembelajaran; (2) implementasi kurikulum 2013 dalam proses pembelajaran; (3) implementasi kurikulum 2013 dalam penilaian pembelajaran; dan (4) kendala yang dialami guru dalam implementasi kurikulum 2013 serta usaha yang dilakukan. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan dukung oleh pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada 16 SMA Negeri di Kabupaten Sleman. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 34 orang guru bahasa Inggris, yang semuanya telah mengajar dengan berlandaskan kurikulum 2013. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner, observasi, analisis dokumen dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menujukan bahwa implementasi kurikulum 2013 pada mata pelajaran bahasa Inggris SMA Negeri di Kabupaten Sleman masuk dalam kriteria sangat baik. Hal itu ditinjau dari: (1) implementasi kurikulum 2013 dalam perencanaan pembelajaran mendapatkan skor rata-rata sebesar 3,6 (sangat baik). Perencanaan pembelajaran telah dilaksanakan berdasarkan prinsip-prinsip penyusunan perencanaan pembelajaran sesuai dengan kurikulum 2013. (2) Implementasi kurikulum 2013 dalam proses pembelajaran mendapatkan persentase pelaksanaan rata- rata sebesar 75% (sangat baik). Proses pembelajaran dilakukan berdasarkan standar proses dalam kurikulum 2013. (3) Implementasi kurikulum 2013 dalam penilaian pembelajaran mendapatkan skor rata-rata sebesar 3,5 (sangat baik). Penilaian pembelajaran dilaksanakan berdasarkan standar penilaian pendidikan dalam kurikulum 2013. (4) Kendala yang dihadapi guru dalam implementasi kurikulum 2013 antara lain: terlalu banyak administrasi, kurangnya jam pembelajaran bahasa Inggris, sulit dalam menerapkan pendekatan saintifik, kurangnya buku pegangan peserta didik, dan kesulitan dalam melakukan penilaian autentik. Usaha yang dilakukan guru antara lain: berkonsultasi dengan guru senior dan instruktur kurikulum 2013, berdiskusi rutin dalam forum MGMP, menggabungkan pembahasan materi yang terkait, menggunakan berbagai strategi dan pendekatan belajar aktif, mencari sumber belajar dari berbagai sumber, dan menggunakan lembar pengamatan dan meminta pendapat guru lain. Kata Kunci: implementasi kurikulum 2013, kurikulum 2013, pembelajaran bahasa Inggris.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Linguistik Terapan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 03 Feb 2018 02:03
Last Modified: 02 Nov 2022 07:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55315

Actions (login required)

View Item View Item