HERNOVADANU DIMAS ARIZKYANTO, HERNOVADANU DIMAS ARIZKYANTO (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
14206244014_HERNOVADANU DIMAS ARIZKYANTO_PENDIDIKAN_SENI RUPA_FBS.pdf Download (8MB) | Preview |
Abstract
Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) Universitas Negeri Yogyakarta semester khusus tahun 2017 yang berlokasi di SMP Negeri 1 Prambanan Klaten telah dilaksanakan oleh mahasiswa pada tanggal 15 September - 15 November 2017. Kelompok PLT di lokasi ini terdiri dari 8 mahasiswa dari 4 program studi, yaitu Pendidikan Seni Rupa, Pendidikan IPA, PJOK, dan Pendidikan IPS. Tujuan Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) adalah melatih mahasiswa agar memiliki pengalaman faktual tentang proses pembelajaran dan kegiatan kependidikan lainnya yang ada di sekolah, sebagai bekal untuk mengembangkan diri sebagai tenaga keguruan yang profesional yang memiliki pengetahuan, sikap dan ketrampilan. Kegiatan yang telah dilaksanakan meliputi penyusunan analisis hari efektif, penyusunan program semester, program tahunan, silabus, pemetaan, dan RPP, praktek mengajar, pembuatan soal evaluasi, serta kegiatan lainnya yang diselenggarakan di sekolah. Praktek mengajar dimulai dari tanggal 15 September sampai dengan 13 November 2017, yaitu mengajar kelas VIII A, VIII B, VIII C, VIII D dengan pokok bahasan yang diajarkan meliputi dua bab, bab pertama membahas tentang menggambar model (alam benda) kemudian bab kedua membahas tentang menggambar ilustrasi. Mengajar kelas IX E, IX F, IX G, IX H dengan pokok bahasan satu bab yaitu seni Patung dan Desain Poster. Program kegiatan PLT dapat terlaksana dengan baik dan lancar berkat adanya bimbingan dan arahan dari guru pembimbing dan dosen pembimbing selama praktek mengajar serta peran aktif peserta didik selama berlangsungnya kegiatan belajar mengajar (KBM). Selain itu terlaksananya program PLT ini tidak terlepas dari dukungan dan bantuan dari pihak sekolah yang telah memberikan keluasan kesempatan kepada para mahasiswa PLT untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya. Namun terdapat hambatan yang ditemui praktikan dalam melaksanakan PLT yakni praktikan masih kurang dalam memanajemen peserta didik, terdapat beberapa peserta didik yang telat mengumpulkan tugas. Praktikan menyadari bahwa munculnya hambatan dalam pelaksanaan kegiatan PLT adalah hal yang wajar. Karena hal ini merupakan salah satu tantangan yang harus dihadapi praktikan selama kegiatan PLT.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Praktik Lapangan Terbimbing (PLT, Universitas Negeri Yogyakarta), SMP Negeri 1 Prambanan Klaten. |
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 01 Feb 2018 06:48 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:27 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55253 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |